Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media big book subtema Pengalaman Merawat Hewan pada siswa kelas II SDN Kedungkandang 2 Malang / Vivi Fera Seteria - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media big book subtema Pengalaman Merawat Hewan pada siswa kelas II SDN Kedungkandang 2 Malang / Vivi Fera Seteria

Seteria, Vivi Fera (2017) Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media big book subtema Pengalaman Merawat Hewan pada siswa kelas II SDN Kedungkandang 2 Malang / Vivi Fera Seteria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seteria Fera Vivi. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Subtema Pengalaman Merawat Hewan Pada Siswa Kelas II SDN Kedungkandang 2 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prassekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Drs. Sjafruddin S.Pd M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Membaca Permulaan media Big Book Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi di Kelas II Kedungkandang 2 Malang menunujukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan-kesulitan yang di temui saat observasi antara lain (1) siswa tidak mengenal tanda-tanda baca (2) siswa sulit membaca dengan intonasi yang keras (3) pelafalan yang tidak tepat (3) ketidakseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran membaca dengan menggunakan media Big book yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada kelas II di SDN Kedungkandang 2 Malang. Serta bagaimana peningkatan keterampilan membaca permulaan setelah diterapkan media Big book pada kelas II di SDN Kedungkandang 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif rancangan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggar melalui dua siklus siklus I dan siklus II masing-masing siklus meliputi (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Fokus pada penelitian ini yaitu keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Book. teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis data dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) siswa terampil dalam membaca permulaan dengan benar menggunakan media Big Book (2) aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran membaca permulaan aktif dan siswa terlihat sangat antusias dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap keterampilan membaca permulaan siswa siklus I nilai rata-rata mencapai 72 dan ketuntasan klasikal 65% dari 29 siswa pada siklus II meningkat menjadi 96 dan ketuntasan klasikal 96% dari 29 siswa dengan nilai 8805 70. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Big Book dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Kedungkandang 2 Malang. Peneliti juga memberikan saran agar penggunaan media Big Book ini dapat dipertimbangkan oleh pihak sekolah untuk diterapkan di kelas renda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item