Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Operasi Hitung Campuran kelas III di SDN se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo / Aunul Ferianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Operasi Hitung Campuran kelas III di SDN se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo / Aunul Ferianto

Ferianto, Ainul (2017) Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Operasi Hitung Campuran kelas III di SDN se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo / Aunul Ferianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferianto Ainul. 2017. Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Kelas III di SDN Se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd Pembimbing (II) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd Kata Kunci Profil Kesalahan Operasi Hitung Campuran Matematika SD Pendidikan formal yang pertama terjadi pada sekolah dasar. Pendidikan pada jenjang ini bertujuan memberikan kemampuan dasar meliputi membaca berhitung menulis dan keterampilan dasar lainnya. Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dipelajari dari pendidikan yang paling dini. Mata pelajaran matematika mengarah pada keterampilan siswa dalam pemecahan masalah. Salah satu permasalahannya dengan operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini medeskripsikan profil kesalahan dan peyebab kesalahan yang banyak dilakukan siswa kelas III se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Hakikat matematika berhubungan dengan gagasan yang hubungannya diatur secara logis dan penalaran deduktif. Operasi hitung dasar pada matematika yaitu penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian. Selain opersai hitung dasar terdapat juga operasi hitung campuran. Mengingat dalam operasi hitung campuran siswa harus memahami langkah-langkah yang disepakati dalam menghitungnya dan sering terjadi kesalahan yang dilakukan siswa karena kurang memahami langkah-langkah tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan menggunakan butir soal tes. Soal tes yang digunakan berbentuk uraian dikarenakan pada saat mengerjakan siswa mampu menguaraikan dan menyusun sendiri jawaban mereka. Penelitian ditujukan pada SDN se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dengan banyak populasi 223 siswa dan sampel sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi kesalahan matematika dalam operasi hitung campuran oleh siswa kelas III se-Gugus 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Kesalahan matematika yang muncul yaitu 25 37% pada comprehension errors 17 91% pada process skill errors dan 19 40% pada encoding errors. Kesalahan matematika operasi hitung campuran yang paling banyak muncul yaitu comprehension errors dan yang paling sedikit muncul yaitu process skill errors. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 42 pekerjaan siswa dari 67 sampel ditemukan beberapa aspek kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Adapun penyebab dari kesalahan tersebut yaitu kurang teliti pada saat mengerjakan soal dan kurang memahami materi sehingga siswa terkadang bingung untuk menentukan urutan operasi hitung mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Disarankan guru dapat menganilisis siswanya yang kurang menguasai materi serta menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6675

Actions (login required)

View Item View Item