Putri, Ersa Wahyu Verdiana (2017) Peningkatan keterampilan menulis sederhana melalui model picture and picture pada kelas III SDN Babadan 1 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Ersa Wahyu Verdiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Ersa Wahyu Verdiana. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Sederhana Melalui Model Picture and Picture pada Kelas III SDN Babadan 1 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi. Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan keterampilan menulis sederhana model picture and picture Hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas III menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa merupakan siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran (2) guru menggunakan LKS dan buku paket sebagai penunjang belajar siswa (3) proses pembelajaran dilakukan sudah maksimal namun nilai siswa masih di bawah KKM 80 (4) siswa kurang mampu memahami pertanyaan pada soal. Sedangkan berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas III menunjukkan (1) kegiatan pembelajaran berlangsung secara klasikal (2) guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan (3) guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk menulis sehingga siswa terlihat kesulitan (4) dari 32 siswa terdapat 3 siswa dinyatakan tuntas dan 29 siswa yang dinyatakan belum tuntas sehingga ketuntasan klasikal sebesar 9 4%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa melalui model picture and picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data digunakan melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model picture and picture dilaksanakan oleh guru pada siklus 1 mencapai 82 1% (kategori baik) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 92 5% (kategori sangat baik) aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 66% (kategori kurang) kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 82 8% (kategori baik). Terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dari siklus 1 rata-rata sebesar 76 dengan ketuntasan klasikal 28% meningkat pada siklus 2 rata-rata menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis narasi telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan baik dan dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis narasi siswa kelas III SDN Babadan 1 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Dengan demikian diharapkan guru dapat menerapkan model picture and picture untuk dapat meningkatkan minat siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6674 |
Actions (login required)
View Item |