Persepsi guru tentang penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di SDN Ngulankulon 01 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Fuad Aziz Ahmad Muafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di SDN Ngulankulon 01 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Fuad Aziz Ahmad Muafi

Muafi, Fuad Aziz Ahmad (2017) Persepsi guru tentang penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di SDN Ngulankulon 01 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Fuad Aziz Ahmad Muafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muafi Fuad Aziz Ahmad. 2017. Persepsi Guru tentang Penilaian Hasil Belajar di SDN Ngulankulon 01 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd. (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd Kata Kunci Persepsi Guru Penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa dalam aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Masih terdapat kendala yang sekolah dasar percontohan Kurikulum 2013 di daerah tertinggal dalam pelaksanaaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013. Ada kemungkinan persepsi guru tentang Penilaian Kurikulum 2013 belum tepat. Berkaiatan dengan itu maka diperlukan penelitian persepsi guru tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 pemahaman guru tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 pelaksanaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 kendala pelaksanaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 dan persepsi guru tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan instumen peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dengan tahap reduksi data penyajian data dan verivikasi data. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh simpulan data penelian sebagai berikut Pemahaman guru SDN Ngulankulan 01 tentang Kurikulum 2013 dan peniliaian hasil belajar Kurikulum 2013 berbeda dikarenakan faktor intensitas pelatihan kurikulum 2013 yang berbeda perbedaan reverensi informasi dan belum adanya diskusi bersama di lingkup satu sekolah untuk menyamakan persepsi tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013. Kendala penilaian hasil belajar di kelas I sampai kelas V SDN Ngulankulon 01 meliputi keterbatasan waktu penelitian jumlah muatan penilaian yang banyak sumber reverensi yang berbeda dan perubahan bentuk penilaian hasil belajar di kelas I sampai kelas V di awal dan di akhir semester rumit. 4 dari 5 guru memiliki persepsi penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 terlalu rumit dengan banyaknya muatan penilaian. Penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 lebih baik disederhanakan mengadaptasi penilaian KTSP agar tidak terlalu rumit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6673

Actions (login required)

View Item View Item