Penerapan model think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Vb subtema 8.1 komponen ekosistem SDN Bunulrejo 2 Malang / Zuhairini Nanda Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Vb subtema 8.1 komponen ekosistem SDN Bunulrejo 2 Malang / Zuhairini Nanda Savitri

Savitri, Zuhairini Nanda (2017) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Vb subtema 8.1 komponen ekosistem SDN Bunulrejo 2 Malang / Zuhairini Nanda Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Savitri Zuhairini Nanda. 2017. Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Subtema 8.1 Komponen Ekosistem SDN Bunulrejo 2 Malang.. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata kunci Think Pair Share Aktivitas Hasil Belajar Ekosistem SD Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran pada siswa kelas Vb SDN Bunulrejo 2 Malang kurang berjalan dengan maksimal. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan guru masih cenderung konvesional siswa kurang aktif dalam mencari dan menemukan pengetahuannya sendiri siswa cenderung pasif dan gaduh sendiri tidak terjadi kegiatan saling bertukar pikiran dan menyampaikan ide serta gagasan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapakan model pembelajaran yang aktif dan memungkinkan siswa belajar dengan optimal yaitu model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penerapan model think pair share pada kelas Vb subtema 8.1 Komponen Ekosistem SDN Bunulrejo 2 Malang (2) bagaimana aktivitas siswa kelas Vb SDN Bunulrejo 2 Malang selama penerapan model think pair share dikesubtema 8.1 Komponen Ekosistem (3) bagaimana hasil belajar siswa kelas Vb SDN Bunulrejo 2 setelah diterapkannya model think pair share pada subtema 8.1 Komponen Ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan diskripsi kualitatif. Peneliti ini terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 34 siswa. Teknik yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan bahwa rata-rata aktivitas siwa pada siklus I 73 05 meningkat pada siklus II mencapai 87 76. Sedangkan untuk hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata pada siklus I 73 50 meningkat pada sklus II mencapai 85 22. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I adaah 55 5% dan meningkat pada siklus II mencapai 83 5%. Dari penelitian yang digunakan disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Think Pair Share agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. ABSTRACT Savitri Zuhairini Nanda. 2017. Implementation of Think Pair Share Model to Increase Student Activity and Learning Outcomes of Class Vb Subtema 8.1 Ecosystem Components SDN Bunulrejo 2 Malang. Thesis Prodi S1 - Elementary School Teacher Education Department of Primary and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Keywords Think Pair Share Activity Studying Outcomes Ecosystem SD Based on the results of observation the learning activities on students of grade Vb SDN Bunulrejo 2 Malang is less running from the maximum. This is caused by the lessons that is teached by the teachers still to be conventional the students are less active in searching and finding their own knowledge the students tend to be passive and rowdy themselves there is no activity to exchanging thoughts and conveying ideas thus impacting on the low student learning outcomes. One of the efforts that is used to improve the learning is by applying an active learning model and allowing students to learn with the optimal model of learning Think Pair Share. This research aims to describe (1) how the application of think pair share model is in class Vb subtema 8.1 Ecosystem Component SDN Bunulrejo 2 Malang (2) how the activity of students of grade Vb SDN Bunulrejo 2 Malang during the implementation of think pair share model dikesubtema 8.1 Ecosystem Component (3) how the learning outcomes of students of grade Vb SDN Bunulrejo 2 after applying think pair share model on subtema 8.1 Ecosystem Component. The design of the research is Classroom Action Research (PTK) by using qualitative description approach. The researcher consists of 4 stages of planning implementation observation and reflection. This research consists of two cycles where each cycle consists of two meetings. The subjects of this research are students of class Vb which amounted to 34 students. The techniques are observation test and documentation. The results showed that the model of think pair share can improve student activity and learning outcomes. It is proved that the average activity of the students in cycle I 73 05 increase in cycle II reach 87 76. While for student learning result get average in cycle I 73 50 increase in sklus II reach 85 22. Completeness of learning outcomes in the first cycle is 55.5% and increased in the second cycle reached 83.5%. From the research used it is recommended for teachers to use Think Pair Share learning model to increase student activity and studying outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item