Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang / Dinar Suti Tanjung Kriswardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang / Dinar Suti Tanjung Kriswardani

Kriswardani, Dinar Suti Tanjung (2017) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang / Dinar Suti Tanjung Kriswardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kriswardani Dinar Suti Tanjung. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci pendekatan saintifik pembelajaran tematik sekolah dasar Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern yaitu menggunakan pendekatan saintifik (Scientific Approach). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi pendekatan saintifik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (2) implementasi pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran tematik (3) assessmen pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik (4) hambatan dalam implementasi pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan studi dokumenter. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi. Untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan (1) komponen pendekatan saintifik sudah direncanakan dalam RPP tetapi belum dikembangkan (2) pelaksanaan pembelajaran sudah menerapkan lima komponen pendekatan saintifik namun pendekatan saintifik yang direncanakan belum semua terlaksana pada kegiatan mengumpulkan informasi/mencoba dan mengomunikasikan (3) assessment pembelajaran tematik menggunakan penilaian autentik meliputi penilaian sikap penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan (4) guru mengalami hambatan pada setiap komponen dalam penerapan pendekatan saintifik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang sudah terlaksana dengan baik namun dalam pelaksanaannya guru masih mengalami hambatan dalam menerapkan pendekatan saintifik. Disarankan bagi (1) kepala sekolah dapat menyusun program pelatihan tentang implementasi pendekatan saintifik baik dalam hal perencanaan pelaksanaan dan penilaian (2) guru hendaknya merencanakan dan mengimplementasikan pendekatan saintifik secara optimal (3) peneliti lain dapat meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item