Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Firda Riskiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Firda Riskiyanti

Riskiyanti, Firda (2017) Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Firda Riskiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riskiyanti Firda. 2017. Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 di SDN Lesanpuro 3 Kota Malang . Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Penilaian autentik penilaian kognitif penilaian afektif penilaian psikomotor pembelajaran tematik Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti pada saat pelaksanaan KPL bulan Agustus-September tentang pelaksaan penilaian autentik di kelas 4 SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Pada saat itu guru belum menggunakan lembar observasi penilaian peserta didik untuk penilaian aspek afektif. Selain itu dalam penilaian psikomotor guru juga kesulitan mengatur pelaksanaan penilaian psikomotor dengan meyesuaikan waktu dan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana implementasi penilaian autentik meliputi perencanaan penilaian autentik pelaksanaan penilaian autentik serta tindak lanjut terhadap hasil penilaian autentik SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru kelas 1 sampai 5 SDN Lesanpuro 3 yang sedang menjalankan proses pembelajaran di kelas. Sedangkan sumber data meliputi RPP daftar nilai peserta didik serta hasil dokumentasi. Data penelitian ini berupa paparan tentang penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penilaian autentik belum terlaksana dikarenakan guru belum menggunakan RPP dalam pembelajaran sedangkan perencanaan penilaian autentik di kelas 3 4 dan 5 sudah terlaksana. Untuk pelaksanaan penilaian autentik di kelas 1 sampai 5 penilaian kinerja dan penilaian portofolio sudah dilaksanakan. Sedangkan penilaian proyek dan diskusi di kelas 1 dan 2 belum muncul. Penilaian afektif juga belum menggunakan lembar observasi penilaian afektif. Sebagai tindak lanjut hasil penilaian guru kelas 1 sampai 5 sudah menerapkan remedial dan pengayaan. Remedial berupa penambahan soal-soal latihan sedanngkan pengayaan dengan membaca materi selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan hendaknya guru menggunakan RPP dalam pembelajaran karena selain sebagai acuan melaksanakan pembelajaran juga merupakan pedoman melakukan penilaian proses dan hasil belajar mengajar. Hendaknya guru menggunakan lembar penilaian sikap untuk mengukur aspek afektif peserta didik secara langsung di dalam kelas sehingga tidak hanya mengingat fakta perilaku peserta didik selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item