Maniley, Maria E. (2017) Meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan media papan berpaku pada tema VII kelas III di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Maria E. Maniley. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maniley Enggelina Maria. 2017 Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa dengan menggunakan Media Papan Berpaku Pada Tema VII Kelas III Di SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto S. Pd M.Pd Kata Kunci Media Papan Berpaku Konsep Perkalian Matematika merupakan salah satu pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada siswa ialah antara lain daya tarik siswa terhadap mata pelajaran yang sulit dan membinggungkan terutama dalam pengetahuan konsep perkalian. Peneliti berasumsi dengan media papan berpaku siswa akan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika materi perkalian dan konsep perkalian sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan pretasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran media papan berpaku untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian ada siswa kelas III SDN Sawojajar 3 Kota Malang (2) peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SDN Sawojajar 3 Kota Malang telah dilaksanakan kegiatan pembelajaran matematika menggunakan media papan berpaku . Peneliti ini menggunakan rencangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Sawojajar Kota Malang sebanyak 46 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai yaitu rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku untuk meningkat kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas III SDN Sawojajar 3 Kota Malang dilakukan dengan cara siswa mengisi lembar tes akhir tentang menentukan berhitung perkalian penjumlahan berulang dan soal cerita perkalian dengan menggunakan media papan berpaku. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan dari nilai rata-rata pretest dan postest pada siklus I nilai ketuntasan siswa dari 5 3 meningkat menjadi 6 3 sedangkan pada siklus II ditujukkan dari postest meningkat dibandingkan pada siklus menjadi siklus I yaitu 6 3 menjadi 8 4. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) pembelajaran menggunakan media papan berpaku dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan materi perkalian yang diberikan oleh guru pada siswa kelas III SDN Sawojajar 3 Kota Malang (2) peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai-nilai postest pada siklus I meningkat dari 5 3 menjadi 6 3 . sedangkan nilai postest pada siklus II juga meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 6 3 menjadi 8 4. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) guru dalam pembelajaran matematika hendaknya menggunakan media yang efektif bagi siswa yaitu media papan berpaku agar tujuan belajar matematika tercapai (2) sekolah dalam usaha meninggkatkan mutu pendidikan hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran matematika dengan media pembelajaran (3) peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6668 |
Actions (login required)
View Item |