Person deixis as persuasion in self-improvement book: the 7 habits of highly effective people / Luluk Diah Ainun Pravitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Person deixis as persuasion in self-improvement book: the 7 habits of highly effective people / Luluk Diah Ainun Pravitasari

Pravitasari, Luluk Diah Ainun (2019) Person deixis as persuasion in self-improvement book: the 7 habits of highly effective people / Luluk Diah Ainun Pravitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pravitasari Luluk Diah Ainun. 2019. Deiksis Persona sebagai Persuasi di Buku Pengembangan Diri The 7 Habits of Highly Effective People. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M. A (2) Hasti Rahmaningtyas S.Pd M.A. Kata kunci persuasi deiksis persona deiksis referensi buku pengembangan diri Sebagai salah satu wacana retoris buku pengembangan diri telah dilengkapi dengan wacana persuasi oleh penulis. Hal ini membantu penulis untuk mempengaruhi pembaca untuk mengikuti apa yang penulis bagikan melalui bukunya dan mempengaruhi mereka dalam mengambil tindakan. Kemudian untuk menganalisis teknik persuasi yang digunakan oleh penulis Covey dalam buku pengembangan diri miliknya The 7 Habits of Highly Effective People peneliti mengusulkan sebuah pendekatan pragmatis person deixis yang telah diterapkan dalam beberapa penelitian sebelumnya yang berfokus pada wacana bisnis politik dan jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut merujuk kepada siapakah atau yang disebut sebagai referensi oleh setiap jenis persona deiksis yang ada di buku tersebut dan makna apa yang terbentuk dan yang ingin disampaikan oleh oleh penulis dalam penggunaan persona deiksis. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dimana data yang terdiri dari persona deiksis diambil dari buku pengembangan diri tersebut.. Untuk meningkatkan efisiensi alat konkordansi Antconc digunakan untuk menemukan frekuensi persentase dan untuk menentukan makna yang disampaikan melalui penggunaan persona deiksis tersebut. Menurut hipotetis hasilnya tidak terbatas pada penggunaan kata ganti pembaca you dan inklusif we saja tetapi kata ganti lain seperti eksklusif we they she he dan I juga mempengaruhi persuasi. Demikian pula hasil penelitian yang menunjukkan adanya variasi referensi dari setiap jenis persona deiksis. Dengan demikian dapat disederhanakan menjadi empat kategori besar referensi yang berkaitan dengan penulis pembaca penulis- dan-pembaca dan non-penulis-pembaca. Referensi ini berfungsi sebagai sumber daya penulis untuk membangun kredibilitasnya dan pada saat yang sama melibatkan pembaca dalam bukunya. Kredibilitas penulisnya terintegrasi dalam penggunaan sudut pandang yang berpusat pada diri penulisnya yang bervariasi dari referensi yang berhubungan dengan penulis sampai referensi yang sama sekali tidak berhubungan baik dengan penulis dan pembacanya sedangkan keterlibatan pembaca terintegrasi dalam penggunaan sudut pandang yang berpusat pada pembacanya seperti penggunaan referensi yang berhubungan dengan pembaca dan juga referensi yang berhubungan baik dengan penulis dan juga pembacanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66671

Actions (login required)

View Item View Item