Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan media majalah anak subtema ÔÇØLingkungan Tempat Tinggalku: semester genap pada siswa kelas IV di SDN Banturejo 01 Ngantang / Pita Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan media majalah anak subtema ÔÇØLingkungan Tempat Tinggalku: semester genap pada siswa kelas IV di SDN Banturejo 01 Ngantang / Pita Andriani

Andriani, Pita (2017) Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan media majalah anak subtema ÔÇØLingkungan Tempat Tinggalku: semester genap pada siswa kelas IV di SDN Banturejo 01 Ngantang / Pita Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Pita. 2017. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Majalah Anak Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Semester Genap pada Siswa Kelas IV di SDN Banturejo 01 Ngantang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi M.Pd. (II) Drs. Imam Nawawi M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Membaca Pemahaman Majalah anak Sekolah Dasar Membaca merupakan salah satu aspek yang menentukan prestasi siswa kemampuan membaca sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Siswa yang tidak dapat membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata/kata atau bahasa tulis. Penerapan media malajah anak dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku fokus membaca pemahaman bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa baik pemahaman literal kritis kreatif dan interpretif siswa kelas IV di SDN Banturejo 01 Ngantang. Pada majalah anak terdapat gambar pendukung teks diharapkan setelah siswa membaca teks kemudian mereka dapat membandingkan apa yang dipahaminya dengan apa yang ada di gambar. Penelitian peningkatan memahami isi bacaan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan model kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi begitu pula dengan instrument pengumpul data. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk kata-kata atau kualitatif. Dari hasil analisi dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Banturejo 01 Ngantang mengalami peningkatan setelah menggunakan media majalah anak. Peningkatan yang terjadi diperoleh berdasarkan hasil analisis data tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan yaitu sebesar 48 dengan persentase ketuntasan hanya 12%. Pada siklus I rata-rata hasil tes siswa sebesar 60 dengan persentase ketuntasan sebesar 29%. Selanjutnya pada tahap siklus II nilai rata-rata sebesar 88 dengan persentase ketuntasan sebsar 95%. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu (1) dengan penggunaan majalah anak tampak motivasi siswa dalam membaca lebih tinggi dari sebelumnya.. (2) guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu dengan detail tentang tujuan dan instruksi serta penjelasan materi yang akan disampaikan. Sebelum membagikan majalah anak (3) Berilah waktu beberapa saat pada siswa untuk membaca apa yang mereka inginkan terlebih dahulu di awal pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6667

Actions (login required)

View Item View Item