ELT students' perception of code switching used by lecturers in classroom / Clara Irdaneta Charia La Rosi

Rosi, Clara Irdaneta Charia La (2019) ELT students' perception of code switching used by lecturers in classroom / Clara Irdaneta Charia La Rosi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

(RINGKASAN Rosi, Clara Irdaneta Charia La. 2019. Persepsi Mahasiswa ELT Terhadap Penggunaan Alih Kode Oleh Dosen di Kelas. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ali Saukah, M.A., Ph.D., (II) Dr. Furaidah, M.A. Kata Kunci: L1, L2, EFL, ELT, alih kode Bahasa yang digunakan dalam kelas merupakan aspek penting dalam belajar dan mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Salah satunya adalah dengan menggunakan mengombinasikan dua bahasa atau dengan mengimplementasikan alih kode ke dalam bahasa instruksi. Pada beberapa titik, L1 (bahasa ibu) dapat memfasilitasi atau menghambat pembelajaran bahasa asing. Beberapa contoh dampak positif dari penggunaan alih kode adalah terbantunya peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, waktu yang diperlukan lebih sedikit, dan adanya kedekatan emosional antara peserta didik dan pendidik. Sedangkan dampak negatif berupa berkurangnya praktik penggunaan Bahasa Inggris di kelas. Hal ini perlu ditinjau melalui sudut pandang peserta didik, salah satunya mahasiswa ELT (English Language Teaching) yang merupakan calon guru Bahasa Inggris di masa depan karena hal ini mempengaruhi prestasi akademis mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa ELT tentang penggunaan alih kode dalam kelas. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Kuisioner ini digunakan untuk mengetahui fakta penggunaan alih kode oleh dosen dalam kelas, preferensi peserta didik terhadap alih kode berdasarkan jenis kelas (kelas kemampuan bahasa dan kelas konten) dan berdasarkan fungsi dari alih kode itu sendiri. Setelah seluruh data dirangkum, hasilnya diolah berdasarkan tendensi sentral untuk menelaah seberapa sering penggunaan alih kode oleh dosen di setiap jenis kelas, dan bagaimana kecenderungan persepsi siswa terhadapnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alih kode oleh dosen terjadi disetiap jenis kelas dan mahasiswa ELT cenderung tidak setuju apabila alih kode digunakan di kelas speaking, listening, dan writing. Di sisi lain, mahasiswa ELT menunjukkan persepsi positif terhadap penggunaan alih kode di kelas reading dan konten. Hasil juga menunjukan bahwa mereka cenderung tidak suka apabila alih kode digunakan dalan rutinitas kelas seperti salam-sapa, mendisiplinkan mahasiswa, dan menarik perhatian mahasiswa di kelas. Sedangkan untuk fungsi lain seperti menjelaskan kosakata dan konsep sulit, instruksi dalam kelas, memotivasi mahasiswa, mengulangi poin-poin penting, dan membicarakan hal-hal diluar topik pembelajaran, mereka cenderung mendukung penggunaan alih kode dalam bahasa yang digunakan oleh dosen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66660

Actions (login required)

View Item View Item