Nilai-nilai karakter yang tampak pada pembelajaran subtema 8.1 kelas IV SDN Bareng 05 menggunakan model pembelajaran kuantum / FaÔÇÖiz Nur Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai karakter yang tampak pada pembelajaran subtema 8.1 kelas IV SDN Bareng 05 menggunakan model pembelajaran kuantum / FaÔÇÖiz Nur Abdillah

Abdillah, FaÔÇÖiz Nur (2017) Nilai-nilai karakter yang tampak pada pembelajaran subtema 8.1 kelas IV SDN Bareng 05 menggunakan model pembelajaran kuantum / FaÔÇÖiz Nur Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdillah Fa iz Nur. 2017. Nilai-nilai Karakter Siswa yang Tampak pada Pembelajaran Subtema 8.1Kelas VI SDN Bareng 05 Menggunakan Model Pembelajaran Kuantum. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata kunci Nilai-nilai Karakter Model Pembelajaran Kuantum Pembelajaran Kelas IV Subtema 8.1. Nilai karakter adalah sifat-sifat kejiwaan khas manusia yang menjadi dasar sikap perilaku dan aktivitas seseorang yang membedakan dengan orang lain. Pendidikan nilai karakter merupakan salah satu program pendidikan nasional yang harus diimplementasikan ke dalam lembaga pendidikan formal di seluruh jenjang pendidikan. Di SDN Bareng 05 Kota Malang pendidikan karakter akan selalu dikembangkan termasuk pada pembelajaran di kelas dikarenakan pembelajaran terlihat aktivitas siswa yang dapat mencerminkan nilai karakter baik masih kurang dalam pembelajaran. Dengan penerapan model pembelajaran kuantum di pembelajaran subtema 8.1 diharapkan akan mengubah suasana belajar menjadi lebih lebih melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga aktivitas siswa yang mencerminkan nilai karakter siswa dapat tampak pada pembelajaran. Berkaitan dengan masalah di atas diperlukan pembahasan tentang nilai-nilai karakter yang tampak pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kuantum. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kuantum pada pembelajaran subtema 8.1 dan menjelaskan nilai-nilai yang tampak dalam pembelajaran subtema 8.1 lingkungan tempat tinggalku. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian yang berupa deskripsi aktivitas siswa dalam pembelajaran perkataan narasumber dan foto kegiatan diperoleh melalui teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan keajegkan pengamatan dan triangulasi teknik. Kegiatan analisis data dimulai dengan tahapan reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan sintaks tandur model pembelajaran kuantum mendapatkan dengan skor 97 77 pada pembelajaran subtema 8.1 dan prinsip-prinsip pembelajaran kuantum mendapatkan skor 100 pada pembelajaran subtema 8.1 (2) Nilai karakter yang tampak yaitu nilai karakter kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu dan menghargai prestasi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model pembelajaran kuantum sangat baik pada pembelajaran subtema 8.1 (2) nilai karakter yang tampak yaitu nilai nilai karakter kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu dan menghargai prestasi. Peneliti memberi saran (1) Penerapan model pembelajaran kuantum yang sudah diterapkan dengan baik sebaiknya dapat melanjutkan penerapan model pembelajaran kuantum pada pembelajaran-pembelajaran selanjutnya sebagai variasi pembelajaran (2) Nilai karakter kerja mandiri rasa ingin tahu dan menghargai prestasi siswa dapat ditingkatkan dalam pembelajaran kelas IV SDN Bareng 05 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item View Item