Word formation processes of English slang words on instagram / Nawaitus Shifatul Rosallina - Repositori Universitas Negeri Malang

Word formation processes of English slang words on instagram / Nawaitus Shifatul Rosallina

Rosallina, Nawaitus Shifatul (2019) Word formation processes of English slang words on instagram / Nawaitus Shifatul Rosallina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosallina N S. 2019. Proses Pembentukan Kata Slang dalam Bahasa Inggris di Instagram. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed (2) Hasti Rahmaningtyas S.Pd M.A. Kata kunci Kata Slang Bahasa Inggris Proses Pembentukan Kata Instagram. Instagram sebagai platform sosial media baru memiliki berbagai fenomena bahasa salah satunya adalah kata-kata slang. Proses pembentukan kata-kata slang ini disebut proses pembentukan kata. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang proses pembentukan kata slang di Instagram dan bertujuan menjawab pertanyaan (a) apa saja jenis proses pembentukan slang bahasa Inggris di Instagram (2) makna kata slang bahasa Inggris di Instagram (3) kemungkinan alasan pengguna Instagram untuk menggunakan kata slang bahasa Inggris di Instagram mereka. Penelitian ini menggunakan desain deskripsif kualitatif. Data diambil dari kolom caption dan komentar dari 30 akun figur publik dengan jumlah foto lebih dari 1000 di akun mereka. Instrumen data penelitian meliputi penulis sebagai instrument utama laptop akun instagram dan koneksi laptop sebagai instrumen tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu penagamatan caption dan komentar yang mengandung slang. Setelah data terpenuhi penulis mengklasifikasikan kata-kata slang berdasarkan teori dari Yule (2010) O Grady and de Guzman (1996) Katamba (2015) Lieber (2009). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (a) terdapat 9 jenis proses pembentukan kata di Instagram yaitu (30%) initialism processes yang paling sering digunakan kemudian diikuti (15%) clipping (12%) blending (9%) coinage (1%) inflectional (8%) multiple processes (6%) acronym (3%) cliticization (3%) derivation. (b) Slang diklasifikasikan ke dalam makna denotatif dan konotatif. (c) Kemungkinan alasan mereka adalah untuk menghemat waktu mereka keakraban keunikan bahasa supaya terlihat lucu dan sebagai penanda bahwa mereka adalah bagian dari grup tersebut. Disimpulkan bahwa dari tujuh belas proses pemebntukan kata hanya ada sepuluh jenis yang ditemukan di Instagram. Disarankan untuk mahasiswa bahasa Inggris meningkatakan pengetahuan mereka mengingat bahasa selalu perkembangan disarankan juga untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan penelitian ini sebagai salah stau referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya di bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66657

Actions (login required)

View Item View Item