Huda, Ganjar Nurul (2017) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan pembelajaran subtema Perubahan Energi di kelas III SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Ganjar Nurul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Huda Ganjar Nurul. 2017. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Subtema Perubahan Energi Di Kelas III SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Skripsi Prodi-S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd (2) Dra. Hj. Sri Estu Winahyu M.Pd Kata Kunci Penerapan Model Project Based Learning Model Project Based Learning merupakan sebuah pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam merancang membuat dan menampilkan produk dalam mengatasi permasalahan. Pada hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran masih terbatas pada mendengar mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan dari guru. Dalam tugas kelompok belum semua siswa aktif dalam bekerjasama. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai UTS dengan nilai KKM 75 menunjukkan bahwa hanya 37 5% yang mampu memperoleh skor di atas KKM yaitu sebanyak 15 siswa. Sedangkan 62 5% belum bisa mencapai KKM yaitu 25 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning peningkataan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model yang digunakan yaitu model MC Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus. Pada tiap siklus meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu pengumpulan data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning 92%. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 63 8 % meningkat menjadi 75 8% pada siklus 2. Nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 53% meningkat menjadi 78% pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 32 5 % meningkat menjadi 80% pada siklus 2. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Untuk itu di sarankan agar guru sebaiknya ketika menerapkan model Project Based Learning tujuan pembelajaran pada RPP disesuaikan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan model Project Based Learning .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6665 |
Actions (login required)
View Item |