Peningkatan hasil belajar tema cita-citaku melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV A SDN Kendalrejo 02 Kabupaten Blitar / Yodia Setyaning Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema cita-citaku melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV A SDN Kendalrejo 02 Kabupaten Blitar / Yodia Setyaning Budi

Budi, Yodia Setyaning (2017) Peningkatan hasil belajar tema cita-citaku melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV A SDN Kendalrejo 02 Kabupaten Blitar / Yodia Setyaning Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budi Yodia Setyaning. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Tema Cita-citaku melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV A SDN Kendalrejo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H. (II) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar tema cita-citaku model STAD Hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV A SDN Kendalrejo 02 Kabupaten Blitar diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran tema cita-citaku guru menggunakan metode ceramah dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yaitu dari 20 siswa kelas IV A sebanyak 12 siswa (60%) belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema cita-citaku melalui penerapan model STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yakni perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik yaitu observasi tes catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema cita-citaku. Aktivitas guru meningkat dari persentase 91% dengan predikat sangat baik pada siklus I menjadi 97% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari persentase 78.5 dengan predikat baik pada siklus I menjadi 91.5% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Pada aspek sikap predikat yang diperoleh siswa dalam bersikap tanggung jawab cermat dan toleransi meningkat dari baik menjadi sangat baik. Pada aspek pengetahuan rata-rata nilai yang diperoleh siswa meningkat dari 69.5 menjadi 81.5. Pada aspek keterampilan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari 76 menjadi 83.5. Persentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari tahap pra tindakan ke siklus I sebesar 25% dari 40% dengan predikat kurang menjadi 65% dengan predikat cukup. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20% dari 65% menjadi 85% dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai langkah-langkah model STAD dan siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik serta penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema cita-citaku. Guru disarankan menerapkan model STAD dalam pembelajaran tematik tema cita-citaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item