Penerapan pembelajaran melalui media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab Kabupaten Kediri / Nur Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran melalui media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab Kabupaten Kediri / Nur Lailiyah

Lailiyah, Nur (2017) Penerapan pembelajaran melalui media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab Kabupaten Kediri / Nur Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailiyah Nur. 2017. Penerapan Pembelajaran Melalui Media Scrapbook untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Kelas II SDI Plus Hidayatut Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.R M.Pd (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata kunci Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Media Scrapbook Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab Kabupaten Kediri ditemukan permasalahan antara lain masih kurangnya kemampuan siswa dalam menuliskan karangan deskripsi siswa masih belum dapat mengembangkan kalimat menjadi karangan deskripsi dan tidak menggunakan media saat pelaksanaan pembelajaran menulis karangan. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran menulis karangan agar siswa dapat menuangkan ide-idenya serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan karangan deskripsi menggunakan media scrapbook. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam karangan deskripsi dan mendeskripsikan penerapan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan hasil kemampuan menulis dalam karangan deskripsi siswa kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatf. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDI Plus Hidayatut Thullab sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi tes tulis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa dalam menulis karangan deskripsi menggunakan media scrapbook. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata di setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I dinyatakan tuntas sebesar 45% sedangkan pertemuan II sebesar 55%. Pada siklus II pertemuan I dinyatakan tuntas sebesar 65% sedangkan pertemuan II sebesar 85%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media scrapbook dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan media scrapbook dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item