Peningkatan hasil belajar PKn materi Globalisasi melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tambakan 02 Kabupaten Blitar / Maylam Edi Tialasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi Globalisasi melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tambakan 02 Kabupaten Blitar / Maylam Edi Tialasari

Tialasari, Maylam Edi (2017) Peningkatan hasil belajar PKn materi Globalisasi melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tambakan 02 Kabupaten Blitar / Maylam Edi Tialasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tialasari Maylam Edi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas IV SDN Tambakan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd (II) Dra. Widayati MH. Kata Kunci hasil belajar PKn sekolah dasar metode diskusi Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Tambakan 02 diketahui bahwa hasil belajar siswa dari 25 siswa 11 siswa di bawah KKM karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak menggunakan media pembelajaran dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional maka dari itu perlu diadakan tindakan perbaikan. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi pada pembelajaran PKn dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Tambakan 02 Kabupaten Blitar Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data (display) kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran PKn tentang globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas guru siklus I (88 45%) dengan kriteria baik pada siklus II meningkat menjadi (96 15%) dengan kriteria sangat baik dan untuk hasil aktivitas siswa siklus I (70 48%) dengan kriteria cukup pada siklus II meningkat menjadi (86 33%) dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu (44%) dengan kriteria sangat kurang meningkat menjadi (76%) pada siklus I dengan kriteria kurang dan meningkat lagi menjadi (100%) pada siklus II dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa pada akhir siklus II dapat tuntas semuanya. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan metode diskusi yang baik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasilbelajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari kenaikan ketuntasan klasikal aktivitas siswa dan kenaikan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan metode diskusi pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item View Item