Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Ella Setiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Ella Setiyaningsih

Setiyaningsih, Ella (2017) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Ella Setiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiyaningsih Ella. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd Kata kunci keterampilan menulis puisi puisi dan model pembelajaran circ Berdasarkan observasi pratindakan di SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar pada siswa kelas V pada pembelajaran menulis puisi ditemukan permasalahan yaitu (1) guru masih menggunakan metode ceramah tanya jawab penugasan dan tidak menggunakan media (2) dalam menulis puisi siswa belum menggunakan unsur-unsur fisik pembangun puisi terutama citraan majas dan pilihan kata (diksi) yang tepat dan (3) pembelajarannya tidak berkelompok. Akibatnya siswa masih kesulitan dalam menulis puisi dengan menggunakan unsur-unsur fisik pembangun puisi dan masih menggunakan bahasa sehari-hari.Sehingga nilai keterampilan siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada nilai keterampilan menulis pada pratindakan persentase ketuntasan klasikal sebesar 39% atau 11 siswa yang tuntas dan sebesar 61% atau 17 siswa belum tuntas. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar melalui model pembelajaran CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidodadi 02 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat peningkatan untuk setiap siklus pada aktivitas guru aktivitas siswa dan keterampilan menulis puisi dengan menerapkan model pembelajaran CIRC. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 87 5% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73 1% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat sebesar 94 6%dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 64 4%termasukkategori kurang dengan rata-rata nilai hasil keterampilan menulis puisi adalah 79 3. Sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 92 8%termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata nilai hasil keterampilan menulis puisi adalah 85 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi aktivitas guru aktivitas siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu hendaknya guru dapat mengkondisikan kelas dengan mendesain pembelajaran yang lebih menarik untuk siswa dan guru sering membentuk kelompok- kelompok kecil dalam pembelajaran untuk melatih kerjasama antar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran CIRC. Selain itu seharusnya siswa selalu dilatih secara kontinu supaya mengusai keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item View Item