Lestari, Endah Dewi (2017) Peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita melalui media audio pada siswa kelas 5 SDN Tamakan 2 Kabupaten Blitar / Endah Dewi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Endah Dewi. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita melalui Media Audio pada Siswa Kelas 5 SDN Tambakan 2 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita media audio Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita ditemukan permasalahan. Permasalahan tersebut yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Media yang digunakan hanya suara guru dan sumber belajar yang digunakan hanya buku paket serta siswa sulit untuk berkonsentrasi ketika guru membacakan cerita sehingga siswa sering gaduh sendiri. Akibatnya nilai akhir siswa rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir pada pratindakan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 16 7% kategori sangat kurang atau 3 siswa yang tuntas sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 anak. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan media audio sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pada siswa kelas 5 SDN Tambakan 2 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Tambakan 2 Kabupaten Blitar dengan jumlah siswa 18 anak yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan untuk setiap siklus pada aktivitas guru aktivitas siswa dan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita dengan menggunakan media audio. Aktivitas guru siklus I sebesar 91 6% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II meningkat menjadi 95 2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I sebesar 66 5% dengan kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 77 55% dengan kategori cukup. Rata-rata nilai akhir siswa siklus I sebesar 65 05 dengan kategori kurang. Sedangkan siklus II nilai akhir siswa sebesar 77 05 dengan kategori cukup. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 44 3% dengan kategori sangat kurang. Sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 88 65% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penggunaan media audio dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pada siswa kelas 5 SDN Tambakan 2 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu diharapkan guru dapat menggunakan media audio dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |