Lionintyas, Agnita Kumala (2017) Implementasi model think-pair-share untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema 2 ÔÇØIndahnya Keragaman Budaya NegerikuÔÇØ kelas IVC SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Agnita Kumala Lionintyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lionintyas Agnita Kumala. Implementasi Model Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S M.A (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci Think-Pair-Share Aktifitas dan Hasil Belajar Tematik Permasalahan yang dihadapi oleh guru Kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang yaitu rendahnya aktifitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Guru yang kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan hanya berceramah dan kegiatan tanya jawab yang membuat siswa merasa bosan. Hal itu berdampak pada hasil belajar dengan nilai siswa yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Terdapat 10 dari 36 siswa yang nilainya masih dibawah 75. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti dan guru kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang merasa perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka memperbaiki kondisi pembelajaran yang dirasakan kurang efektif karena pembelajaran yang dipakai selama ini hanya pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat memperbaiki aktifitas dan hasil belajar siswa. Adapun model yang digunakan yaitu Model Kooperatif dengan Tipe Think-Pair-Share(TPS). Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dijadikan rasional dalam sebuah penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini meliputi 1) mendiskripsikan aktifitas belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share dan 2) mendiskripsikan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian yang berjenis penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart. PTK dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap tahapan paada siklus 1 berulang pada siklus 2 hingga menemukan hasil yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini yaitu meningkatnya aktifitas dan hasil belajar siswa. Pada aktifitas belajar siswa menunjukkan bahwa 97% tingkat keberhasilan dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil belajar siswa ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2 naik 31% dengan presentase ketuntasan akhir mencapai 84% siswa yang tuntas dalam pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |