Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Dina Sartika Hapsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Dina Sartika Hapsari

Hapsari, Dina Sartika (2017) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Dina Sartika Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hapsari Dina Sartika. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence pada Siswa Kelas IV SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd Kata kunci menulis narasi model concept sentence Berdasarkan observasi pratindakan yang dilakukan di kelas IV SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain (1) guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (2) hanya guru yang aktif siswa ditanya mau menjawab jika ditunjuk saja (3) guru tidak melakukan pembelajaran secara berkelompok (4) guru tidak menggunakan media pembelajaran dan (5) guru kurang membimbing ketika siswa mengerjakan tugas. Akibatnya kesulitan yang dialami siswa yaitu (1) kesulitan menentukan tema karangan terlihat dari tema dan isi kurang sesuai (2) kesulitan dalam mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulisan banyak pengulangan kata (3) kurang paham dengan komponen-komponen karangan narasi terdiri dari alur penokohan latar dan sudut pandang (4) banyak kalimat menjadi tidak efektif (5) Beberapa tulisan siswa tidak terdapat spasi antar kata dan masih ada siswa yang menggunakan bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar menulis narasi dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence mengalami peningkatan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 83.5% termasuk dalam kategori baik. dan pada siklus II meningkat menjadi 92.5% termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69.7% termasuk dalam kategori kurang dan siklus II menjadi 92.42% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar menulis narasi juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dan siklus II sebesar 86.4. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 64% termasuk dalam kategori kurang dan siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 96 97% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan medel concept sentence dapat meningkatkan hasil belajar menulis narasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan model concept sentence sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6657

Actions (login required)

View Item View Item