Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model jigsaw di kelas V SDN Kromengan 04 / Dita Anggrainy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model jigsaw di kelas V SDN Kromengan 04 / Dita Anggrainy

Anggrainy, Dita (2017) Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model jigsaw di kelas V SDN Kromengan 04 / Dita Anggrainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrainy Dita. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Jigsaw Di Kelas V SDN Kromengan 04. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd (II) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd. Kata kunci Aktivitas Belajar Pecahan Model Jigsaw. Salah satu indikator yang mempengaruhi rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika yaitu kurang ketertarikan mereka untuk menghitung. Berdasarkan pengamatan di SDN Kromengan 04 siswa kelas V mempunyai kesulitan dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan. Di dalam kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran Matematika jarang sekali menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian dan keaktifan seluruh siswa di kelas. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Matematika khususnya pecahan ini diharapkan siswa mampu aktif dalam belajar bekerja sama dengan teman berinteraksi dengan guru sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Penelitian ini menggunakan model PTK yang dalam alur penelitiannya meliputi langkah-langkah (1) perencanaan (planning) (2) aksi atau tindakan (acting) (3) obsevasi (observing) and (4) refleksi (reflection). Data dalam penelitian ini mencakup lima jenis yaitu tes observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah membuktikan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Kromengan 04. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu (1) pembentukan kelompok asal. (2) pembelajaran kelompok asal. (3) pembentukan kelompok ahli. (4) diskusi kelompok ahli. (5) diskusi kelompok asal. (6) diskusi kelas. (7) pemberian kuis. (8) penghargaan kelompok. Peningkatan prestasi belajar dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa 39 (pre test) dengan presentase ketuntasan belajar 29 % meningkat menjadi 46 (post test siklus I) dengan presentase ketuntasan belajar 46 26 % dan meningkat lagi menjadi 67 5 (post test siklus II) dengan presentase ketuntasan belajar 65 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa kelas V SDN Kromengan 04.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item