Peningkatan hasil belajar berhitung pada subtema bermain di lingkungan rumah melalui media abakus pada kelas II SDN Sempol V Kabupaten Malang / Lidya Aprilia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar berhitung pada subtema bermain di lingkungan rumah melalui media abakus pada kelas II SDN Sempol V Kabupaten Malang / Lidya Aprilia Sari

Sari, Lidya Aprilia (2017) Peningkatan hasil belajar berhitung pada subtema bermain di lingkungan rumah melalui media abakus pada kelas II SDN Sempol V Kabupaten Malang / Lidya Aprilia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari. Lidya Aprilia. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Pada Subtema Bermain Di Lingkungan Rumah Melalui Media Abakus Pada Kelas Ii SDN Sempol V Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar Berhitung Penjumlahan Pengurangan Siswa SD Media Abakus. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan Negara. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu mendeskripsikan penggunaan media abakus untuk hasil berhitung materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN Sempol V dan mendeskripsikan hasil belajar untuk materi operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan media abakus pada siswa kelas II SDN Sempol V. Hasil belajar berhitung adalah perubahan tingkah laku mencakup bidang koginitif afektif dan psikomotoris pada penerapan konsep berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur kerja berupa siklus spiral. Kegiatan yang dilakukan setiap siklus diawali dengan perencanaan kemudian pelaksanaan pengamatan terhadap pelaksanaan dan diakhiri dengan refleksi sesuai dengan model spiral penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan media Abakus dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas II SD menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media Abakus dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas pada siswa kelas II SD.Peningkatan kemampuan berhitung tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan berhitung pada setiap siklusnya yaitu sebelum tindakan nilai rata- rata kemampuan berhitung yaitu 52 siklus I nilai rata-rata kemampuan berhitung 69 67 dan siklus II nilai rata-rata kemampuan berhitung 85 33. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberi saran bagi Sekolah hendaknya mengupayakan pengadaan berbagai alat peraga Matematika khususnya dan alat peraga lain pada umumnya. Hal ini diharapkan dapat menunjang dalam penanaman konsep-konsep Matematika secara lebih nyata sekaligus meningkatkan aktivitas belajar siswa dan memberdayakan penggunaan media dalam proses pembelajaran Matematika Guru hendaknya mempersiapkan secara cermat fasilitas belajar yang diperlukan karena sangat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi pembelajaran fasilitas belajar tersebut pada akhirnya berpengaruh pada proses dan hasil belajarMatematika siswa. Siswa hendaknya ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru meningkatkan penguasaan media Abakus dan meningkatkan usaha belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item