Persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum Kabupaten Kediri / Abdullah Apriono

Apriono, Abdullah (2019) Persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum Kabupaten Kediri / Abdullah Apriono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persepsi Pemustaka Terhadap Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Umum Kabupaten Kediri RINGKASAN Apriono, Abdullah. 2019. Persepsi Pemustaka terhadap Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Umum Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si., (II) Drs. Dwi Sugianto, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Pemustaka, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Keliling. Perpustakaan keliling merupakan sebuah kegiatan pemerataan informasi di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum. Pentingnya persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling adalah untuk melihat sejauh mana persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling dan kendala-kendalanya, selain itu persepsi pemustaka dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan perpustakaan keliling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum Kabupaten Kediri. Fokus pada penelitian ini membahas tentang: (1) persepsi terhadap layanan perpustakaan keliling, (2) persepsi terhadap pustakawan layanan perpustakaan keliling, (3) persepsi terhadap koleksi layanan perpustakaan keliling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert, skala likert digunakan untuk mengukur persepsi. Instrumen yang ada dalam kuesioner merupakan sub variabel atau fokus penelitian yang telah di tentukan, sub variabel meliputi: layanan, pustakawan dan koleksi layanan perpustakaan keliling Hasil penelitian didapatkan dari setiap indikator di dalam sub variabel layanan, pustakawan dan koleksi adalah sebagai berikut: (1) Layanan, hasil dari indikator fasilitas didapatkan nilai sebesar 85,17% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil dari indikator pelayanan pemustaka didapatkan nilai sebesar 87,15% yang dapat dikategorikan sangat baik. (2) Pustakawan, hasil dari indikator pengetahuan pustakawan didapatkan nilai sebesar 83,13% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil dari indikator keterampilan pustakawan didapatkan nilai sebesar 87,36%, yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil dari indikator sikap kerja pustakawan didapatkan nilai sebesar 88,52% yang dapat dikategorikan sangat baik. (3) Koleksi, hasil dari indikator kesesuaian koleksi didapatkan nilai sebesar 79,24% yang dapat dikategorikan baik. Hasil dari indikator kelengkapan koleksi didapatkan nilai sebesar 84,59% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil dari indikator Kondisi koleksi didapatkan nilai sebesar 86,51% yang dapat dikategorikan sangat baik. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap sub variabel yang diteliti sebagai berikut: (1) Hasil dari sub variabel layanan didapatkan nilai sebesar 86,16%, hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik. (2) Hasil dari sub variabel pustakawan didapatkan nilai sebesar 86,06%, hasil tersebut dikategorikan sangat baik. (3) Hasil dari sub variabel koleksi didapatkan nilai sebesar 82,42%, hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik. v Abdullah Apriono, S1 Ilmu Perpustakaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66538

Actions (login required)

View Item View Item