Persepsi mahasiswa Ilmu Perpustakaan angkatan 2015 terhadap perpustakaan digital Universitas Negeri Malang dengan pendekatan technology acceptance model / Fathan Anisa

Anisa, Fathan (2019) Persepsi mahasiswa Ilmu Perpustakaan angkatan 2015 terhadap perpustakaan digital Universitas Negeri Malang dengan pendekatan technology acceptance model / Fathan Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anisa, Fathan. 2019. Persepsi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2015 Terhadap Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Dengan Pendekatan Technology Acceptance. Skripsi, Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd., (II) Andi Asari, SIP., S.Kom., M.A. Kata Kunci: perpustakaan digital, technology acceptance model Perpustakaan digital merupakan kumpulan informasi digital yang dibuat, dikumpulkan, dikelola untuk pengembangan koleksi dan dapat diakses dengan cara berkelanjutan dan didukung oleh layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dan memanfaatkan informasi yang disediakan. Persepsi adalah kemampuan otak dalam menerjemahkan stimulus atau proses untuk menerjemahkan stimulus yang masuk ke dalam alat indera manusia. Persepsi ini bertujuan untuk mengetahui pendapat dari beberapa sudut pandang yang berbeda dari masing-masing mahasiswa ilmu perpustakaan 2015, yang nantinya dapat memberikan masukan untuk perbaikan bagi perpustakaan digital Universitas Negeri Malang. Untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki dalam perpustakaan digital Universitas Negeri Malang dalam penelitian ini dapat dilihat dari persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan penerimaan perpustakaan digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) persepsi pemustaka tehadap kemudahan perpustakaan digital, (2) persepsi pemustaka terhadap kegunaan perpustakaa digital, dan (3) penerimaan pemustaka terhadap perpustakaan digital Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yakni mengambil sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu sebanyak 9 pemustaka perpustakaan digital Universitas Negeri Malang. Data yang dikumpulkan dioalah dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut. Dari segi kemudahan (Perceived Ease Of Use), kemudahan diperoleh dengan adanya laman portal web lib.um.ac.id yang desain antarmuka dan isinya mudah untuk dipelajari dan mudah menjadi mahir. Namun terdapat beberapa menu yang belum terisi dan tampilan pada versi mobile kurang komptibel. Dari segi fitur sudah jelas dan dapat dimengerti fungsinya oleh pemustaka. Dari keseleruhan sistem perpustakaan digital ini sudah mudah digunakan. Namun pemustaka tidak merasakan fleksibilitas yang dihasilkan dengan adanya perpustakaan digital ini dikarenakan keterbatasan akses karena kebijakan yang berlaku pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Kendala juga ditemukan pada server yang tak jarang dijumpai lelet atau down. Untuk persepsi kemanfaatan (Perceived Of Usefulnes) yang ditinjau dari aspek menjadikan pencarian informasi lebih mudah, berguna dalam mencari informasi, mempertinggi efektifitas, menambah produktivitas, dan mengembang kan kinerja pekerjaaan. Untuk persepsi kemanfaatan ini untuk keseluruhan sudah cukup baik karena dengan adanya perpustakaan digital ini memberikan nilai positif yakni berupa kemudahan pencarian informasinya, berguna dalam mencari informasi sehingga mendapatkan informasi yang berarti perpustakaan digital ini memberikan manfaat kepada penggunanya, selain itu juga dapat meningkatkan efektifitas karena menyediakan informasi lebih cepat, menambah produktivitas dengan mendapatkan hasil mengenai informasi yang diinginkan dan dapat mengembangkan kinerja pekerjaan karena kemudahan akses yang diberikan oleh perpustakaan digital Universitas Negeri Malang yang menjembatani sebagai penyedia informasi dan pengguna perpustakaan digital. Dalam segi penerimaan perpustakaan digital (Acceptance Of IT) yang ditinjau dari aspek minat perilaku (behavioral intention) dan penggunaan yang sebenarnya (actual ussage). Niat pemustaka untuk menggunakan perpustakaan digital ini adalah karena adanya dorongan membutuhkan sebuah informasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dan juga mendapatkan saran dari orang lain. Pemustaka menggunakan perpustakaan digital ini berdasarkan kebutuhan informasi mereka. Karena frekuensi mereka menggunakannya hanya pada saat ada tugas atau membutuhkan informasi yang menunjang tugas/penelitian mereka saja. Sedangkan durasinya beragam karena ditinjau dari segi akses online atau offline. Berdasarkan penelitian dan permasalahan yang ada dilapangan, maka saran yang dapat diberikan kepada Perpustakaan Universitas Negeri Malang yaitu (1) Hendaknya Perpustakaan Universitas Negeri Malang, menimbang ulang kebijakan yang dibuat dengan opsi lain seperti membuat portal perpustakaan yang memang satu lintas untuk semua koleksi. Dan dalam pemanfaatannya menggunakan username dan password sehingga koleksi tersebut tetap dapat digunakan oleh pengguna internal Perpustakaan Universitas Negeri Malang, (2) Hendaknya Perpustakaan Universitas Negeri Malang meningkatkan kualitas layanan perpustakaan digitalnya dengan menambah koleksi digital yang lain selain subyek-subyek dari matakuliah sehingga juga dapat menjalankan fungsi perpustakaan sebagai hiburan, (3) Untuk meningkatkan penggunaan perpustakaan digital ini maka harus memberikan akses yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, dan dari segi koleksi yang harus up to date, dan koleksi yang akurat dan tepat sehingga pengguna akan selalu menjadikan perpustakaan digital Universitas Negeri Malang ini sebagai rujukan utama mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66537

Actions (login required)

View Item View Item