Efektivitas layanan mandiri berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di UPT Perpuatakaan Universitas Jember / Urfisya Fidi Azizah

Azizah, Urfisya Fidi (2019) Efektivitas layanan mandiri berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di UPT Perpuatakaan Universitas Jember / Urfisya Fidi Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Urfisya Fidi. 2019. Efektivitas Layanan Mandiri Berbasis Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di UPT Perpustakaan Universitas Jember. Skripsi, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M.Pd., (II) Taufiq Kurniawan, S.IP, M.IP. Kata Kunci : efektivitas, layanan mandiri, peminjaman, radio frequency identification (RFID), perpustakaan perguruan tinggi UPT Perpustakaan Universitas Jember sejak tahun 2013 telah menerapkan layanan mandiri berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Layanan mandiri pada layanan sirkulasi merupakan layanan yang dilakukan sendiri tanpa bantuan petugas sirkulasi. Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) adalah sebuah teknologi terbaru di bidang perpustakaan pengganti barcode untuk mengindentifikasi sebuah bahan pustaka pada perpustakaan yang berguna untuk menyimpan informasi data pada setiap bahan pustaka yang memungkinkan dapat mengindentifikasi dengan jarak dan lebih dari satu bahan pustaka secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dari efektivitas layanan mandiri berbasis teknologi RFID di UPT Perpustakaan Universitas Jember. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu efektivitas layanan mandiri berbasis teknologi RFID di UPT Perpustakaan Universitas Jember. Sub variabel dalam penelitian ini antara lain: kemudahan penggunaan sistem, kesesuaian penggunaan sistem, dan kehandalan sistem. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Perhitungan data validitas dan reliabilitas menggunakan aplikasi SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, efektivitas layanan mandiri berbasis teknologi RFID di UPT Perpustakaan Universitas Jember menunjukkan jumlah persentase sebesar 79,64% (efektif). Dengan hasil pada setiap indikator, kemudahan pengunaan sebesar 81,38% (sangat efektif); kesesuaian penggunaan sistem sebesar 79,75% (efektif); dan kehandalan sistem sebesar 77,8% (efektif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66536

Actions (login required)

View Item View Item