Tingkat kepuasan pemustaka terhadap online catalog di Perpustakaan Universitas Kristen Petra / Wisnu Putri Airmas Jati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kepuasan pemustaka terhadap online catalog di Perpustakaan Universitas Kristen Petra / Wisnu Putri Airmas Jati

Jati, Wisnu Putri Airmas (2019) Tingkat kepuasan pemustaka terhadap online catalog di Perpustakaan Universitas Kristen Petra / Wisnu Putri Airmas Jati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jati Wisnu Putri Airmas. 2019. Kepuasan Pemustaka terhadap Online Caalg di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik M.Pd. (II) Taufiq Kurniawan S.IP M.IP. Kata Kunci Kepuasan Model End-User Computing Satisfaction (EUCS) Online Catalog/OPAC Sistem Temu Kembali Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya telah menerapkan perkembangan teknologi sejak tahun 1989 yang sekarang dikenal dengan nama NewSpektra atau Online Catalog. Adanya online catalog ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi mengenai data-data koleksi di perpustakaan dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap online catalog di Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota aktif di perpustakaan Unversitas Kristen Petra Surabaya. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling ukuran sampel diambil dengan perhitungan yang menggunakan rumus dari bungin sehingga diperoleh total sampel dengan jumlah 99 867 yang kemudian dibulatkan menjadi 100 sampel. Data dipparkan oleh peneliti dengan sisematis tentang kepuasan terhadap online catalog di Perpustakaan Universitas Kristen Petra dan dianalisis dengan persentase atau distribusi frekuensi. Dalam penelitian ini kepuasan diukur dengan menggunakan model End-User Computing Satisfaction (EUCS). Model ini memiliki lima indikator diantaranya isi (content) keakuratan (accuracy) tampilan (format) kemudahan pengguna (ease of use) ketepatan waktu (timeliness). Pada indikator isi (content) memiliki persentase sebesar 85 32%. Indikator keakuratan (accuracy) memiliki persentase sebesar 86 52%. Pada indikator tampilan (format) memiliki persentase sebesar 84 95% sedangkan indikator kemudahan pengguna (ease of use) memiliki persentase sebesar 87 56%. Dan pada indikator ketepatan waktu (timeliness) memiliki persentase sebesar 86 1%. Hasil penelitian berdasarkan 5 indikator tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka terhadap online catalog menunjukkan pada rentang hasil persentase sebesar 86 09%. Sesuai dengan skala interval rentang hasil tersebut memiliki kategori tingkat kepuasan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66535

Actions (login required)

View Item View Item