Sistem temu kembali informasi dengan metode recall and precision di OPAC (Online Public Access Catalog) Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Oktaviani Alifiah Novi

Novi, Oktaviani Alifiah (2019) Sistem temu kembali informasi dengan metode recall and precision di OPAC (Online Public Access Catalog) Perpustakaan Universitas Negeri Malang / Oktaviani Alifiah Novi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Novi, Oktaviani Alifiah. 2019. Sistem Temu Kembali Informasi dengan Metode Recall and Precision di OPAC (Online Public Access Catalog) Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program S1 Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum Kata Kunci: sistem temu kembali informsi, OPAC, recall and precision, respon’s time Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan recall dan presicion pada sistem temu kembali OPAC Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan hambatan yang dihadapi pengguna dalam proses penelusuran informasi pada OPAC Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian mix methods, yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua metode penelitian, yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kata kunci yang digunakan pemustaka untuk melakukan pencarian pada rentang bulan Januari-Mei 2019 sejumlah 224.070 ribu kata kunci. Sampel penelitian yakni 100 kata kunci. Sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penulusuran dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil pengukuran nilai recall dan presicion di OPAC Perpustakaan UM dengan menggunakan kata kunci bebas dan kata kunci pengarang sebesar 0.99:0.90 berada pada kategori efektif. Durasi rata-rata system memberikan jawaban terhadap permintaan pengguna yaitu 0.153 detik berada pada kategori cukup efektif. Hambatan-hambatan yang dihadapi pengguna dalam proses penelusuran informasi pada OPAC Perpustakaan Universitas Negeri Malang, yaitu hambatan yang berasal dari pustakawan dan pemustaka. Hambatan dari pustakawan diantaranya (1) tidak adanya menu help pada OPAC, dan (2) kesalahan pengetikan. Hambatan yang berasal dari pemustaka yaitu; (1) pemilihan jenis kriteria kata kunci pencarian, (2) ketidakpahaman jenis kata kunci pencarian, (3) kesalahan pengetikan kata kunci, dan (4) hasil pencarian tidak sesuai dengan kata kunci. Berdasarkan hasil recall and precision yang ada pada kategori efektif dan durasi respon waktu pada kategori cukup efektif serta beberapa hambatan penggunaan OPAC, disarankan kepada perpustakaan untuk memberikan pendidikan pemakai dan menambahkan menu help pada OPAC Perpustakaan UM yang dapat dimanfaatkan pengguna yang masih awam atau belum mengetahui cara kerja dari OPAC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66534

Actions (login required)

View Item View Item