Evaluasi koleksi buku bidang ilmu ekonomi menggunakan metode conspectus di perpustakaan Universitas Negeri Malang / Widya Restika Marenta

Marenta, Widya Restika (2019) Evaluasi koleksi buku bidang ilmu ekonomi menggunakan metode conspectus di perpustakaan Universitas Negeri Malang / Widya Restika Marenta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Restika, Widya Marenta. 2019. Evaluasi Koleksi Buku Bidang Ilmu Ekonomi Menggunakan Metode Conspectus Di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd., (II) Sokhibul Ansor, S.Sos., M.Hum. Kata Kunci: Evaluasi Koleksi, Conspectus, Ilmu Ekonomi. Metode conspectus pada buku bidang ilmu ekonomi bertujuan untuk mengetahui tingkat kedalaman serta kekuatan dan kelemahan koleksi bidang ilmu ekonomi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah koleksi buku bidang ilmu ekonomi dengan nomor klasifikasi 330 – 339 yang berjumlah 2010 judul buku. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel penelitian ini yakni 334 judul buku.Analisis data penelitian dilakukan dengan membuat presentase distribusi koleksi, cakupan kronologis, dan cakupan bahasa koleksi buku bidang ilmu ekonomi, mengukur kedalaman koleksi buku bidang ilmu ekonomi dengan memetakan dan menyajikan skor hasil evaluasi dengan metode conspectus tiap subjek, dan menganalisis hasil penilaian conspectuskoleksi buku bidang ilmu ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi buku bidang ilmu ekonomi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang berada pada kisaran level 2b sampai level 5. Penilaian terhadap kekuatan koleksi yang dilakukan oleh evaluator pada kenyataanya sangat dipengaruhi oleh variasi judul-judul yang tersedia. Analisis bahasa pada koleksi buku bidang ilmu ekonomi memperlihatkan bahwa mayoritas koleksi untuk setiap klas memiliki indikator I yang berarti bahan literatur didominasi oleh bahasa Indonesia. Cakupan kronologis pada koleksi buku bidang ilmu ekonomi bisa dikatakan cukup relevan dengan kebutuhan informasi yang mutakhir. Koleksi buku terbitan 5 tahun terakhir mencapai 20,3% di mana idealnya mencapai 10%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa evaluasi koleksi dapat dijadikan acuan pada kegiatan pengembangan koleksi selanjutnya oleh perpustakaan. Metode conspectus dapat digunakan sebagai metode evaluasi koleksi perpustakaan perguruan tinggi untuk mengetahui kedalaman koleksi yang dimiliki, namun metode ini memiliki kelemahan yaitu pada segi subjektivitasnya. Namun secara keseluruhan metode conspectuscukup relevan sebagai alat evaluasi koleksi perpustakaan perguruan tinggi.Sebagai perpustakaan perguruan tinggi dalam menyikapi pengadaan perlu peningkatan kualitas koleksi yang berisi tentang informasi yang mutakhir untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Serta dalam mengukur koleksinya sebaiknya menggunakan metode conspectuskarena cara penilainnya relative sederhana dan tepat sasaran dalam mengetahui kekuatan dan kelemahan koleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66533

Actions (login required)

View Item View Item