Evaluasi user education perpustakaan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2018/2019 berdasarkan Kirkpatrick four levels evaluation model / Lila Nur Aini

Aini, Lila Nur (2020) Evaluasi user education perpustakaan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2018/2019 berdasarkan Kirkpatrick four levels evaluation model / Lila Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi User Education Perpustakaan oleh Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang berdasarkan Kirkpatrick Four Levels Evaluation Model RINGKASAN Aini, Lila Nur. 2019. Evaluasi User Education Perpustakaan oleh Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang Angkatan 2018/2019 berdasarkan Kirkpatrick Four Levels Evaluation Model. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roekhan, M.Pd., (II) Drs. Darmono, M.Si. Kata Kunci: evaluasi pendidikan pemakai, user education, perpustakaan, Kirkpatrick model. Pendidikan pemakai (user education) merupakan sebuah usaha peningkatan layanan perpustakaan yang bertujuan untuk mengenalkan segala fasilitas, layanan, jenis koleksi dan kebijakan kepada pengguna agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Serta untuk memberikan bimbingan, petunjuk maupun pendidikan kepada pengguna terutama calon pengguna perpustakaan agar mereka mampu memanfaatkan jasa informasi dan sarana perpustakaan. Perpustakaan merupakan fasilitas yang ada di perguruan tinggi sebagai penunjang belajar. Namun mahaiswa baru pastinya akan mengalami kesulitan saat pertama kali menggunakan perpustakaan perguruan tinggi, karena tentunya tata cara pemanfaatan perpustakaan di perguruan tinggi berbeda dengan perpustakaan sekolah dan sistem SKS yang diterapkan dalam kegiatan belajar perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan di Universitas Negeri Malang , dan mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi mahasiswa baru angkatan 2018/2019 Universitas Negeri Malang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposiv sampling dengan jenis proportional purposive random sampling. Teknik ini digunakan karena penelitian ini populasinya adalah mahasiswa baru Universitas Negeri Malang, yang mana merupakan populasi yang sifatnya homogen yaitu semua anggota populasi memiliki sifat yang relatif sama satu dengan yang lain. Namun untuk mempermudah dalam proses penelitian maka sudah dibagi jumlah responden di masing-masing fakultas secara proporsional. Dengan jumlah totak sampel tau responden sebanyak 100 responden. Untuk mengevaluasi user education yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Universitas Negeri Malang akan digunakan teori Kirkpatrick Four Levels Evaluation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan reaksi (reaction) memperoleh hasil total dengan rata-rata sebesar 3,75 dengan kategori tinggi dan tingkat efektivitas sebesar 75%. Tingkatan belajar (learning) memperoleh total dengan rata-rata sebesar 4,01 dengan kategori tinggi dan tingkat efektivitas sebesar 80,35%. Tingkatan perilaku (behavior) memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 4,15 dan tingkat efektivitas sebesar 83,1%. Tingkatan hasil (results) memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 3,94 dan tingkat efektivitas sebesar 78,85%., yang menunjukkan bahwa mahasiwa baru telah memperoleh hasil akhir yang baik dari mengikuti program. Lila Nur Aini, S1 Ilmu Perpustakaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66532

Actions (login required)

View Item View Item