Pemanfaatan media nyata terhadap hasil belajar IPA kelas V materi Sifat-sifat Cahaya dan Pemanfaatannya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang / Dina Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media nyata terhadap hasil belajar IPA kelas V materi Sifat-sifat Cahaya dan Pemanfaatannya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang / Dina Mardiana

Mardiana, Dina (2017) Pemanfaatan media nyata terhadap hasil belajar IPA kelas V materi Sifat-sifat Cahaya dan Pemanfaatannya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang / Dina Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana Dina. 2017. Pemanfaatan Media Nyata Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Pembimbing II Drs. Dimyati S. Pd M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Penelitian ini berlatar belakang kurangnya pemanfaatan media IPA pembelajaran kelas V. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media IPA terhadap hasil belajar peserta didik yang disebab beberapa hal seperti kurangnya hasil belajar peserta didik kurang tertariknya peserta didik dengan penggunan media yang berupa proyektor dan gambar-gambar tentang materi pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran IPA terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi karya yang menerangkan sifat-sifat cahaya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang. 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran IPA materi karya yang menerangkan sifat-sifat cahaya di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitataf yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi dan 4) rencana perbaikan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V A SDN Mangliawan II Kabupaten Malang dengan jumlah peserta didik 31 anak. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) dokumentasi dan 3) tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik dari siklus I mencapai prosentase 63 38% siklus II mencapai prosentase 82 58%. Dan peningkatan yang terjadi dari siklus I dan II mencapai 19 2% dari jumlah peserta didik 31. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V materi karya yang menerangkan sifat-sifat cahaya di SD Negeri Mangliawan Kabupaten Malang. Dari penelitian ini peneliti menyarankan agar guru juga menggunakan media pembelajaran di kelas agar peserta didik tidak bosan dan guru juga harus menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item View Item