Aktualisasi keterampilan dasar mengajar yang dilaksanakan guru kelas V di SDN se-Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Paula Perana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Aktualisasi keterampilan dasar mengajar yang dilaksanakan guru kelas V di SDN se-Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Paula Perana Sari

Sari, Paula Perana (2017) Aktualisasi keterampilan dasar mengajar yang dilaksanakan guru kelas V di SDN se-Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Paula Perana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Paula Perana. 2017. Aktualisasi Keterampilan Dasar Mengajar Yang Dilaksanakan Guru Kelas V Di SDN Se Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Dasar Mengajar Berdasarkan hasil observasi kepada guru kelas V di SDN Cemorokandang 04 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pada tanggal 9 Agustus 2016 diperoleh beberapa fakta yaitu (1) siswa menjawab serentak sehingga guru sulit mengidentifikasi siswa mana yang sudah bisa dan siswa yang belum bisa (2) bentuk tempat duduk yang sederet (menghadap ke papan tulis) (3) kegiatan siswa hanya mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa dan (4) tidak menggunakan media pada saat menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wawasan guru kelas V terhadap delapan keterampilan dasar mengajar pelaksanaan delapan keterampilan dasar mengajar oleh guru kelas V pada saat pembelajaran dan kendala yang dialami oleh guru kelas V pada saat menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar yang dilaksanakan oleh guru kelas V di SDN Se Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian iini yaitu seluruh guru kelas V di SDN Se Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang terdapat empat SDN. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara penyebaran angket observasi dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pedoman wawancara angket guru lembar observasi aktivitas guru dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat orang guru tiga orang guru sudah mengetahui delapan keterampilan dasar mengajar dan secara umum delapan keterampilan dasar sudah diterapkan hanya saja masih ada beberapa yang belum diterapkan dan penerapannya kurang optimal serta kendala yang dialami guru dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar yakni guru lebih dominan di keterampilan bertanya dan menjelaskan karena guru terbiasa menggunakan metode tanya jawab dan ceramah selain itu kendala lainnya rendahnya tingkat pendidikan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item