Talomanafe, Ribka E. (2017) Penerapan model talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis / Ribka E. Talomanafe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Talomanafe Ribka E. 2017. Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (II) Drs. Dimiyati S.Pd. M.Pd Kata Kunci peningkatan aktivitas dan hasil belajar ipa model talking sticka Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan ceramah dan diskusi sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan (70) terdapat 21 siswa yang tidak tuntas dan 10 siswa yang tuntas. Diperkirakan faktor yang mempengaruhi siswa tersebut meliputi Guru hanya menggunakan ceramah dan diskusi saat pembelajaran berlangsung guru hanya menjelaskan dan memberikan tugas berdasarkan soal latihan di buku paket. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik perhatian siswa sehingga banyak siswa yang asik bermain-main sendiri dan berbicara dengan temannya yang lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan peran guru dalam menerapkan Talking Stick aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis menggunakan model Talking Stick. Penelitian ini menggunakan rancangan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Arikunto. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis dengan jumlah siswa 31. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) dokumentasi 3) tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis yang dilihat dari rata-rata aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 77 78% 100% dan siklus II pertemuan 1 dan 2 88 89% 100% dan aktivitas siswa mendapat rata-rata pada siklus I dan II yaitu 32 25% 52% 71% 84% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II yaitu 64 51% 74% 76% 89%. Disarankan bahwa Kepada peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian lanjutan tentang model pembelajaran Talking Stick disarankan untuk mempertimbangkan karakter siswa dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai jika ingin memakai model pembelajaran Talking Stick alangkah lebih baik memilih pembelajaran lain seperti IPS karena lebih pas untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dari siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |