Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media boneka tongkat di kelas III SDN kedungkandang 2 Kota Malang / Hardiyanti Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media boneka tongkat di kelas III SDN kedungkandang 2 Kota Malang / Hardiyanti Lestari

Lestari, Hardiyanti (2017) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media boneka tongkat di kelas III SDN kedungkandang 2 Kota Malang / Hardiyanti Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Hardiyanti. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Media Boneka Tongkat Di Kelas III SDN Kedungkandang 2 Kota Malang . Skripsi Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.R. S.Pd M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Boneka Tongkat Keterampilan Berbicara Keterampilan Berbicara adalah keberanian siswa menceritakan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengungkapkan menyatakan dan menceritakan suatu ide/ gagasan maupun pendapat dalam berkomunikasi dengan orang lain. Setelah melakukan wawancara peneliti juga melakukan observasi pada tanggal 08 Februari 2017 di kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui guru jarang menggunakan media saat mengajar pembelajaran hanya berorientasi pada buku sebagai sumber belajar sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan pembelajaran berpusat pada guru. Pada saat guru mencoba mengaktifkan siswa dengan cara memberi kuis atau pertanyaan hanya terdapat 5 siswa yang berani berbicara menjawab pertanyaan guru dengan suara kecil dan menjawab dengan ragu-ragu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Boneka Tongkat untuk meningkatkan keterampilan berbicara. 2) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media Boneka Tongkat. Penelitian ini menggunakan rancangan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi dan 4) rencana perbaikan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang dengan jumlah siswa 28 anak. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) lembar wawancara 3) dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkn bahwa dengan menggunakan media Boneka Tongkat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Hal ini dapat dibuktikan hasil ketuntasan belajar siswa dari pratindakan sebanyak 5 siswa meningkat menjadi 9 siswa pada siklus I pertemuan 1 pada pertemuan 2 meningkat menjadi 17 siswa. Pada siklus II pertemuan 1 hasil ketuntasan tes keterampilan berbicara sebanyak 21 siswa dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 28 siswa yang tuntas. Disarankan agar guru menggunakan media Boneka Tongkat sebagai salah satu media pembelajaran dan menggunakan media lain agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga akan diperoleh keterampilan berbicara yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item