Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan pembelajaran tematik subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizki Yolanda Dahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan pembelajaran tematik subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizki Yolanda Dahlan

Dahlan, Rizki Yolanda (2017) Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan pembelajaran tematik subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizki Yolanda Dahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dahlan Rizki Yolanda. 2017. Pemanfaatan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar untuk Meningkatkan Pembelajaran Tematik Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Kedungkandang 2 Malang . Skripsi Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci PLAS pembelajaran Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh temuan bahwa pembelajaran hanya berorientasi pada buku sebagai sumber belajar sehingga menyebabkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Dari jumlah 27 siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM (75) sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan 1) penerapan pembelajaran pada subtema lingkungan tempat tinggalku menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV 2) hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan lingkungan alam sekitar di kelas IV. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitataf yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan dan observasi 3) refleksi dan 4) rencana perbaikan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 anak. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedoman observasi 2) dokumentasi dan 3) tes. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama aktivitas guru meningkat pada setiap siklus siklus I meningkat sebesar 9% (82% - 91%) sedangkan siklus II meningkat sebesar 3% (97% - 100%). Kedua hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus yaitu 18% (74% - 92%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar pada pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku telah dilakukan sesuai dengan rancangan yang telah disusun guru 2) penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Untuk itu disarankan agar guru dapat memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dan menciptakan sumber belajar lain agar siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena hal ini terbukti mamapu meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6644

Actions (login required)

View Item View Item