Penggunaan bahasa Inggris dalam teks iklan di media sosial facebook "Lapak (Usaha Kota Malang)" / Mira Eri Ismi Wardiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan bahasa Inggris dalam teks iklan di media sosial facebook "Lapak (Usaha Kota Malang)" / Mira Eri Ismi Wardiyani

Wardiyani, Mira Eri Ismi (2019) Penggunaan bahasa Inggris dalam teks iklan di media sosial facebook "Lapak (Usaha Kota Malang)" / Mira Eri Ismi Wardiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardiyani Mira Eri Ismi. 2019. Bahasa Inggris dalam Teks Iklan di Forum Grup Facebook Lapak (Usaha Kota Malang). Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indondesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum. Kata Kunci bahasa Inggris teks iklan Facebook. Dalam komunikasi di media sosial semua orang dapat dengan bebas berinteraksi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Komunikasi tersebut dapat menimbulkan persentuhan antarbahasa yang biasa disebut dengan kontak bahasa. Salah satunya yaitu bahasa Inggris yang bercampur dengan bahasa Indonesia. Penelitian ini mengkaji bahasa Inggris dan latar belakang penggunaan bahasa Inggris yang terdapat dalam teks iklan di forum grup FacebookLapak (Usaha Kota Malang).Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai bahasa Inggris dan latar belakang penggunaan bahasa Inggris yang terdapat dalam teks iklan di forum grup FacebookLapak (Usaha Kota Malang). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian berupa teks iklan yang terdapat dalam forum grup Facebook Lapak (Usaha Kota Malang) sebagai sumber data. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen tertulis. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai pengumpul dan penganalisis data dengan pedoman pengumpulan data panduan klasifikasi data dan rambu-rambu pengodean data. Adapun analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Berdasarkananalisis data hasil yang ditemukan pada teks iklan yang menunjukkan bahasa Inggrisantara lain kata benda kata sifat kata kerja kata partikel frasa nomina frasa verba frasa adjektiva klausa dansingkatan.Penggunaan bahasa Inggris tersebut hanya berupa serpihan-serpihan saja tidak mendominasi keseluruhan teks iklan. Penggunaan-penggunaan bahasa Inggris tersebut merupakan terjemahan literal transferensi naturalisasi kesepadanan (equivalence) padanan budaya dan transposisi. Selanjutnya latar belakang penggunaan bahasa Inggrisdalam teks iklan di forum grup Facebook Lapak (Usaha Kota Malang)yang ditemukan yaitu (1) lebihpopulerdancocok (2) lebihringkas (3) kesinoniman (4) lebihindahdanbergengsi (5) kekayaankosakata (6) ketepatanmakna serta (7) lebihsantaidanakrab. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa bahasa Inggris dalam teks iklan di forum grup Facebook Lapak (Usaha Kota Malang) hanya berupa kata serpihan-serpihan saja dan bersifat suka-suka sebagai kata ganti yang lebih memudahkan dan dimengerti konteksnya. Sedangkan penggunaan bahasa Inggrisdi forum grup Facebook Lapak (Usaha Kota Malang) banyak dilatarbelakangi karena kepopuleran dan keringkasan kata-katanya. Oleh karena itu dengan ditemukannya bahasa Inggris serta beberapa hal yang melatarbelakangi penggunaannya diharapkan dapat menjadi perhatian bagi masyarakat maupun ahli bahasa untuk semakin memperkaya kosakata atau padanan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66431

Actions (login required)

View Item View Item