Verditasari, Novie (2017) Analisis butir soal ujian tengah semester genap kelasa V muatan IPA tahun ajaran 2016/2017 di SDN Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang / Novie Verditasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Verditasari Novie. 2017. Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Genap Kelas V Muatan IPA Tahun Ajaran 2016/2017 di SD Negeri Mangliawan II Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci analisis butir soal analisis butir soal UTS SD Evaluasi berkaitan dengan penilaian hasil belajar. Alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa harus memenuhi syarat kualitas yang baik. Suatu tes dikatakan berkualitas apabila memenuhi empat aspek yakni memiliki validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal yang baik. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Guru Kelas V di SD Negeri Mangliawan II pembuatan soal baik soal UAS maupun soal UTS dilakukan oleh pihak Kecamatan dengan sistem borongan tanpa melibatkan Kelompok Kerja Guru (KKG). Selain itu soal yang diberikan juga belum divalidasi dan ada beberapa soal yang materinya belum dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal UTS semester genap muatan IPA melalui empat aspek yakni validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mangliawan II. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Penelitian ini membutuhkan data berupa nama siswa nilai hasil UTS IPA siswa dan hasil jawaban siswa. Data tersebut kemudian diolah menjadi data statistik dan dianalisis setiap aspeknya. Berdasarkan hasil analisis data tersebut soal UTS Genap Kelas V Muatan IPA Tahun Ajaran 2016/2017 di SD Negeri Mangliawan II memiliki validitas butir soal yang masih tergolong rendah dengan 21 soal valid dan 29 soal tidak valid dari keseluruhan 50 soal serta interpretasi butir soal rendah. Butir soal objektif belum reliabel dan soal subjektif sudah reliabel. Pada aspek tingkat kesukaran butir soal didominasi oleh soal berkategori sedang dengan jumlah 27 soal dari keseluruhan 50 soal dan proporsi tingkat kesukarannya belum sesuai dengan kriteria proporsi tingkat kesukaran yang baik. Pada aspek daya pembeda terdapat 25 yang soal berkategori jelek dari keseluruhan 50 soal. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal UTS Genap Kelas V Muatan IPA Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan kurang baik. Saran peneliti perlu dilakukan perbaikan atau penggantian butir soal yang masih berkategori jelek dan tidak bisa digunakan untuk mengukur penilaian hasil belajar siswa dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6642 |
Actions (login required)
View Item |