Analisis buku siswa kelas V SD berdasarkan pendekatan tematik integratif / Bintang Widya Putri

Putri, Bintang Widya (2017) Analisis buku siswa kelas V SD berdasarkan pendekatan tematik integratif / Bintang Widya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Bintang Widya. 2017. Analisis Buku siswa Kelas V SD Berdasarkan Pendekatan Tematik Integratif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si, (II) Drs. Toha Mashudi, S. Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendekatan Tematik Integratif, Pembelajaran Terpadu, Buku Ajar, Buku Siswa. Pendekatan tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik secara holistik dan otentik serta menuntut keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang ada dalam buku siswa. Jenis keterpaduan tema yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah intradisipliner, interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner. Salah satunya dalam buku siswa kelas V SD semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Hasil dokumentasi buku siswa ditemukan fakta bahwa model pembelajaran terpadu yang dirancang oleh Fogarty (1991), tidak semuanya model pembelajaran terpadu digunakan dalam buku siswa kelas V SD. Sebagai upaya untuk mengetahui model pembelajaran terpadu yang digunakan dalam penulisan buku siswa kelas V SD, maka peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan tematik integratif yang digunakan dalam penulisan buku siswa kelas V SD dan mengetahui model pembelajaran terpadu yang dominan diimplementasikan dalam buku siswa kelas V SD. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini, dihasilkan temuan bahwa buku siswa kelas V SD menggunakan pendekatan tematik integratif dalam penulisan buku kelas V SD, dengan model pembelajaran terpadu yang dominan diimplementasikan adalah model threaded dan model integrated. Model pembelajaran fragmented, connected, nested, sequenced, dan shared tidak dianalisis dalam paparan data dikarenakan model tersebut hanya memadukan kurang dari 3 mata pelajaran. Sedangkan model pembelajaran terpadu yang dibahas adalah model webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked karena model tersebut dirakit oleh 3 atau lebih mata pelajaran yang dipadukan. Dalam setiap pembelajaran tidak semua 5 keterampilan metakurikuler ada dalam tiap pembelajaran. Dalam buku siswa hanya memuat 2 dari 10 model pembelajaran terpadu yang terpenuhi pada buku siswa kelas V SD. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh, maka peneliti menyarankan kepada pemerintah tepatnya Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang untuk memperbaiki kualitas buku yang digunakan dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar. Selain itu, bagi peneliti lain disarankan dapat mengembangan cakupan penelitian yang lebih luas dengan metode penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6641

Actions (login required)

View Item View Item