Pengembangan buku saku sebagai suplemen pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas V di SDN Kepuh Kembeng 1 Peterongan Jombang / Yudha Dwi Cahyo Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku sebagai suplemen pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas V di SDN Kepuh Kembeng 1 Peterongan Jombang / Yudha Dwi Cahyo Saputro

Saputro, Yudha Dwi Cahyo (2017) Pengembangan buku saku sebagai suplemen pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas V di SDN Kepuh Kembeng 1 Peterongan Jombang / Yudha Dwi Cahyo Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Yudha Dwi Cahyo. 2016. Pengembangan Buku Saku Bahasa Inggris Sebagai Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SDN Kepuh Kembeng 1 Peterongan Jombang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Henry Praherdiono S.Si. M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom. Kata Kunci Pengembangan Buku Saku Suplemen Bahasa Inggris SD SDN Kepuhkembeng 1 Peterongan Jombang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris sumber belajar yang digunakan adalah LKS buku paket dan internet sebagai pendukung. Dalam kegiatan belajar mengajar guru memberikan informasi berdasarkan dari buku LKS dan buku paket yang digunakan serta memanfaatkan internet untuk melengkapi materi yang terbatas. Dari metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran bahasa Inggris muncul masalah ketika guru melakukan tanya jawab siswa sering lupa dengan arti dari suatu istilah (kosakata) yang ada pada pokok bahasan yang sudah dipelajarinya dikarenakan kurangnya perbendaharaan kosakata. Buku saku bahasa Inggris adalah buku berukuran kecil yang dapat disimpan dalam saku dan mudah dibawa kemana-mana yang di dalamnya memuat/ merangkum materi-materi serta istilah- istilah dalam bahasa Inggris yang disertai dengan maknanya. Buku saku bahasa Inggris digunakan sebagai suplemen pembelajaran untuk membantu mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pelajaran bahasa Inggris seperti yang dijelaskan di atas. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku saku bahasa Inggris di SDN Kepuhkembeng 1 Peterongan Jombang yang valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan adanya media buku saku ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research Development (R D) yang dikembangkan oleh Borg Gall. Dalam model pengembangan tersebut terdapat tujuh langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Perencanaan penelitian (3) Pengembangan produk (4) Uji coba lapangan terbatas (5) Revisi hasil uji lapangan terbatas (6) Uji lapangan lebih luas (7) revisi hasil uji kelayakan. Hasil pengembangan buku saku bahasa Inggris ini memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli media (91 25%) ahli materi (90%) dan hasil angket dari siswa (88 75%). Buku saku ini dinyatakan efektif karena pada uji coba melalui tes hasil belajar dengan 25 siswa yang menggunakan buku saku tersebut terdapat 23 siswa yang mendapatkan nilai tes hasil belajarnya mencapai lebih besar atau sama dengan KKM dan 2 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan total nilai presentase sebesar 86 4%. Berdasarkan hasil pengembangan buku saku bahasa Inggris kelas 5 di SDN Kepuhkembeng 1 Peterongan Jombang dapat disimpulkan bahwa buku saku ini valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item