Kurniawan, Prayoga Tri (2017) Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema 4 subtema 1 di SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo / Prayoga Tri Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Prayoga Tri. 2016. Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 Di SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Hanifah M.Pd (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci Mind Mapping Aktivitas dan Hasil Belajar SDN Kebonsari Kulon 2 Penggunaan model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil yang observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model konvensional mengakibatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa menjadi rendah. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut diperlukan adanya penerapan pembelajaran model Mind Mapping. dengan model Mind Mapping ini siswa dapat melakukan pembelajaran bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 1. (2) mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mind Mapping pada tema 4 subtema 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo dengan jumlah siswa 34. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Dilaksanakan dalam 2 siklus. Disetiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunkan tes observasi dokumentasi dan wawancara. Analaisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo pada pratindakan dengan rata-rata nilai 69 5. Setelah diberi tindakan pada pembelajaran tema 4 subtema 1 menggunakan model Mind Mapping meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 69 7 dan kembali meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 83 9 Dan nilai hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo pada pratindakan dengan rata-rata nilai 70 00. Setelah diberi tindakan pada pembelajaran tema 4 subtema 1 menggunakan model Mind Mapping meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 81 25 dan kembali meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 94 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningktkan aktivotas dan hasil belajar siswa khususnya di SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa guru hendaknya menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar pada tema 4 subtema 1.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |