Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui media picture card pada subtema Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku kelas 1 SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Yuliana Martha Donuisang - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui media picture card pada subtema Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku kelas 1 SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Yuliana Martha Donuisang

Donuisang, Yuliana Martha (2017) Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui media picture card pada subtema Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku kelas 1 SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Yuliana Martha Donuisang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Donuisang Yuliana Martha 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Media Picture Card Pada Siswa Kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka A. S.Pd M.Pd (II) Dr. Sutarno M.Pd Kata Kunci menulis permulaan media Picture Card keterampilan menulis. Keterampilan menulis permulaan merupakan kegiatan produktif yang dimiliki oleh seseorang. Pengetahuan serta keterampilan menulis dapat dimiliki melalui bimbingan dan latihan yang intensif yaitu dimulai sejak sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang keterampilan menulis peserta didik masih rendah yaitu rata-rata 60 2 sedangkan kriteria ketuntasan belajar minimum 75. Hal ini diduga karena penggunaan media pembelajaran menulis permulaan yang kurang tepat. Oleh karena itu peneliti menawarkan media Picture Card. Media Picture Card adalah media pembelajaran menulis permulaan dengan cara mendeskripsikan sebuah gambar yang diambil dari teks cerita pada subtema yang disediakan oleh guru kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan melalui media Picture Card di kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis permulaan siswa kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang melalui media Picture Card. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart . Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (acting) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Lesanpuro 3 berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data sebagai berikut. Pertama lembar observasi untuk mengamati aktivitas pembelajaran peserta didik dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru. Kedua wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi dari peserta didik dan guru kelas I. Ketiga dokumentasi meruapakan data yang penting sebagai terjadinya suatu peristiwa dalam pelaksanaan penelitian. Keempat tes yang digunakan dalam penelitian yaitu tes tulis berupa kegiatan menulis permulan yang dilakukan dengan menggunakan media picture card. Hasil penelitian dengan menggunakan media Picture Card menunjukkan bahwa keterampilan menulis permulaan siswa kelas I secara klasikal terjadi peningkatan. Presentase ketuntasan belajar sebesar 75% pada observasi awal 31 25 % meningkat menjadi 68 75% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 90 6%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Media Picture Card siswa kelas I SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Disarakan agar guru dapat menerapkan Media Picture Card akan membuat peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item View Item