Siara (2017) Analisis kesulitas siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga pada tema Cita-citaku di kelas IV SDN Gugus 1 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Siara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Siara. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga pada Tema Cita-citaku di Kelas IV SDN Gugus 1 Kec. Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata Kunci analisis kesulitan menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga SD Materi keliling dan luas segitiga menjadi fokus dalam penelitian. Hal ini berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 26 Januari 2017 di kelas IV SDN Kedungkandang 2 ditemukan masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga yang ditandai dengan adanya kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh mengenai kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan populasi 114 siswa dengan sampel sebanyak 83 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian survei sebagai teknik pengumpulan data dan statistik deskriptif sebagai teknik analisis data. Data penelitian berupa kesulitan dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan jawaban siswa yang beraneka ragam dengan berbagai jenis kesulitan yang berbeda yang dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Berdasarkan temuan tersebut analisis data dan diidentifikasi jawaban siswa sehingga diperoleh berbagai jenis kesulitan-kesulitan siswa sedangkan penyebab dari kesulitan yang dialami siswa diperoleh informasi melalui wawancara kepada siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dan wawancara dapat disimpulkan bahwa (1) jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga yaitu (a) kesulitan konsep sebesar 55 53% (b) kesulitan prosedur sebesar 78 58% (c) kesulitan perhitungan sebesar 13 73% dan (d) kesulitan ketidaktelitian sebesar 9 8% (2) faktor penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga yaitu (a) siswa tidak paham konsep keliling dan luas segitiga (b) kesulitan menghitung (c) ketidaktelitian (d) kurang mengulangi materi yang telah dipelajari (e) kurangnya kepedulian orang tua (f) kemampuan mengingat siswa lemah dan (g) kemampuan intelektual siswa rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6634 |
Actions (login required)
View Item |