Pengembangan panduan permainan simulasi monopoli untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru / Badriyatul Ilmiah

Ilmiah, Badriyatul (2020) Pengembangan panduan permainan simulasi monopoli untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru / Badriyatul Ilmiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ilmiah, Badriyatul. 2019. Pengembangan Panduan Permainan Simulasi Monopoli untuk Meningkatkan Etika Siswa Terhadap Guru. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd Kata Kunci: buku panduan, etika siswa, permainan simulasi monopoli. Generasi muda saat ini cenderung kehilangan etika dan sopan santun terhadap orang yang lebih tua, bahkan terhadap guru. Siswa tidak lagi menganggap guru sebagai panutan, seseorang yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuan yang seharusnya dihormati dan disegani. Guru dan konselor sangat berperan dalam mengatasi etika siswa yang dapat dikatakan mulai menurun. Etika penting ditanamkan pada siswa supaya berperilaku sesuai etika yang berlaku. Maka peneliti tertarik untuk mengembangkan model permainan simulasi monopoli untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa media dan buku panduan permainan simulasi monopoli digunakan dalam layanan bimbingan kelompok yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis. Desain penelitian produk mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dilakukan dari tahap ke satu yaitu studi pendahuluan dan perencanaan, sampai tahap ketiga yaitu uji coba ahli dan revisi. Data yang dihimpun adalah data penilaian hasil uji coba produk yang berbentuk data kuantitatif (deskripsi hasil dari perhitungan angka-angka) dan data kualitatif (deskripsi hasil dari saran, kritik, dan komentar). Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, format penilaian (ditinjau dari aspek ketepatan, kegunaan, kejelasan, dan kemenarikan), analisis data yang digunakan adalah analisis rata-rata atau mean. Hasil rata-rata penilaian buku panduan dari ahli materi diperoleh sebesar 3.27, rata-rata penilaian ahli media diperoleh sebesar 3.94, dan rata-rata penilaian calon pengguna diperoleh sebesar 3.75, sehingga rata-rata keseluruhan diperoleh sebesar 3.65 yang berarti buku panduan sangat layak. Rata-rata penilaian media dari ahli materi diperoleh sebesar 3.00, rata-rata penilaian ahli media diperoleh sebesar 3.88, rata-rata penilaian calon pengguna diperoleh sebesar 3.60, dan rata-rata penilaian kelompok kecil diperoleh sebesar 3.41 sehingga rata-rata keseluruhan diperoleh sebesar 3.47 yang berarti media permainan sangat layak. Sehingga hasil rata-rata produk secara keseluruhan yang diperoleh sebesar 3.56 yang berarti produk sangat layak, dapat disimpulkan bahwa model permainan simulasi monopoli sangat layak dijadikan media bagi konselor untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan etika siswa terhadap guru. Bagi konselor hendaknya memahami prosedur permainan simulasi monopoli dan materi yang ada pada buku panduan sehingga proses bimbingan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sedangkan saran bagi penelitian selanjutnya hendaknya melanjutkan penelitian hingga desiminasi, mengingat yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai tahap revisi uji coba lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66327

Actions (login required)

View Item View Item