Petan, Inda Susmiyati (2017) Pengaruh Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas belajar ema Merawat Hewan dan Tumbuhan, subtema Merawat Hewan di kelas II SDN Kedungkandang 02 Kota Malang / Inda Susmiyati Petan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Petan Inda S. 2017. Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan Subtema Merawat Hewan Di Kelas II SDN Kedungkandang 02 Kota Malang. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Goenawan Roebiyanto M. Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Aktivitas Belajar Latar belakang pelaksanaan penelitian ini teridentifikasi dari hasil wawancara kepada guru kelas II B yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2017 beliau mengatakan bahwa model pembelajaran yang sering digunakan adalah model pembelajaran yang ada di buku paket yaitu ceramah. Dalam proses pembelajaran beliau belum pernah menerapkan model pembelajaran yang variatif karena kurangnya pengetahuan tentang model-model pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran yaitu dengan tujuan 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran pada siswa kelas II yang diajarkan tanpa menggunakan model NHT 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran pada siswa kelas II yang diajarkan dengan menggunakan model NHT 3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model NHT terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran antar kelas eksperimen dan kontrol di kelas II SDN Kedungkandang pada Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan Subtema Merawat Hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain Quasi Eksperiment dengan bentuk Pretest-Posttes Control Group Desain. Pengumpulan data penelitian menggunakan istrumen aktivitas belajar pre-test dan post-tes disertai dokumentasi pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan analisis dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. 1) Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas II SDN Kedungkandang 02 Kota Malang yang diajar dengan menerapkan model NHT mengalami peningkatan nilai rata-rata post-test sebesar 3 24%. Kedua Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas II SD Negeri Kedungkandang 02 Malang yang diajar tanpa menerapkan model NHT mengalami peningkatan nilai rata-rata post-test sebesar 2 96%. Ketiga hasil uji hipotesis menunjukan thitung ttabel (4 094 2 010) sehingga H0 ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa yang diajarkan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa sehingga penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6632 |
Actions (login required)
View Item |