Analisis kesalahan menulis karangan narasi sederhana siswa kelas II SDN sawojajar 4 Kecamata Kedungkandang Kota Malang / Yana Septiandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan menulis karangan narasi sederhana siswa kelas II SDN sawojajar 4 Kecamata Kedungkandang Kota Malang / Yana Septiandini

Septiandini, Yana (2017) Analisis kesalahan menulis karangan narasi sederhana siswa kelas II SDN sawojajar 4 Kecamata Kedungkandang Kota Malang / Yana Septiandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiandini Yana. 2017. Analisis Kesalahan Menulis Karangan Narasi Sederhana Siswa Kelas 2 SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman S. Pd M. Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S. Pd M. Pd. Kata Kunci Kesalahan Menulis Narasi Sederhana SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Temuan fakta menunjukkan bahwa dari hasil menulis karangan narasi sederhana siswa kelas II SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang hanya 10% yang dapat menulis dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan siswa dalam menulis karangan narasi sederhana yakni pada aspek ketidaksesuaian isi dengan tema kalimat tidak efektif kesalahan penggunaan EYD (khususnya huruf kapital kata depan dan tanda baca) kesalahan penulisan kata dan penulisan tidak tegak bersambung oleh siswa kelas II SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik non probability sampling pada 31 siswa kelas II SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan modifikasi penilaian unjuk kerja rubrik menulis karangan kelas II Subtema Bermain di Lingkungan Rumah dan Subtema Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain yang telah divalidasi. Instrumen mengacu pada pendapat ahli. Setelah mengumpulkan data peneliti menghitung persentase rata-rata (mean) dan modus tiap kriteria. Berdasarkan hasil analisis data kesimpulan yang diperoleh yakni persentase ketidaksesuaian isi dengan tema sebesar 4%. Persentase kalimat tidak efektif sebesar 55%. Persentase kesalahan penggunaan huruf kapital sebesar 76%. Persentase kesalahan penggunaan kata depan sebesar 6%. Persentase kesalahan penggunaan tanda baca sebesar 78%. Persentase kesalahan penulisan kata sebesar 10%. Sedangkan persentase penulisan tidak tegak bersambung sebesar 76%. Maka dari itu peneliti menyarankan sebaiknya siswa diberikan latihan (drill) latihan membuat draf sebelum menulis dipantau perkembangan menulis karangan narasinya membaca bacaan dengan unsur menulis yang tepat dan diberi instruksi untuk memeriksa kembali hasil pekerjaannya sebelum dikumpulkan pada guru. ABSTRACT Septiandini Yana. 2017. Error Analysis on Writing Simple Narrative Essay for 2nd Grader SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Malang City. Minithesis Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education University of Malang. Supervisor (I) Drs.Sjafruddin A. Rahman S. Pd M. Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd M.Pd. Keywords Error on Writing Simple Narrative SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Malang City The fact finding show that the writing results of a simple narrative essay for 2nd grader SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Malang City only 10% were able to write properly. This study aims to determine error percentage on writing simple narrative essay that are inconsistency with the theme ineffective sentence misapplication EYD (especially capital letters prepositions and punctuation) wordwriting errors and unperpendicular writing by 2nd grader SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Malang City. This study using quantitative descriptive method and also non-probability sampling techniques on 31 of 2nd grader SDN Sawojajar 4 Kecamatan Kedungkandang Malang City. The research instrument is a modification of performance assessment rubric on essay writing for 2nd grader Subtheme Bermain di Lingkungan Rumah and Subtheme Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain that had been validated. Instrument refers to the expert opinion. After data has been collected researcher calculated the percentage the average (mean) and the mode of each criterions. Analysis conclutions obtained that the percentages of inconsistency with the theme are 4%. The percentages of ineffective sentence are 55%. The percentages of capital letter misapplication are 76%. The percentages of preposition misapplication are 6%. The percentages of punctuation misapplication are 78%. The percentages of wordwriting error are 10%. While the percentages of unperpendicular writing are 76%. Therefore researcher suggest students should be given many exercises (drill) draft practices their development on writing narrative essay should be monitored read some readings with appropriate writing elements and given instructions to check their work before being collected to the teacher.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item