Pengembangan media video pembelajaran tembang dolanan pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk siswa kelas 4 di SDN Polehan 2 Malang / Azka Makka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran tembang dolanan pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk siswa kelas 4 di SDN Polehan 2 Malang / Azka Makka

Makka, Azka (2017) Pengembangan media video pembelajaran tembang dolanan pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk siswa kelas 4 di SDN Polehan 2 Malang / Azka Makka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makka Azka.2016. Pengembangan Video Pembelajaran Tembang Dolanan pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk Siswa Kelas IV di SDN Polehan 2 Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom Kata kunci Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Jawa Tembang Dolanan. Media pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu media yang saat ini gencar digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Berbeda dengan media teknologi cetak (Buku Majalah dll) media berbasis komputer membeikan informasi atau materi dalam bentuk digital seperti media video. Berdasarkan silabus yang ada di SDN Polehan 2 pada mata pelajaran Bahasa Jawa terdapat kompetensi dasar Memahami dan Melagukan Tembang Dolanan. yang tujuan pembelajarannya antara lain menyebutkan contoh-contoh tembang dolanan menyanyikan tembang dolanan mengidentifikasi arti tiap lirik dalam bahasa Indonesia dan menjelaskan makna dari tiap tembang dolanan. Dengan adanya materi tembang dolanan bisa dijadikan sebagai salah satu cara melestarikan budaya jawa berupa tembang dolanan. Namun dalam pembelajaran di sekolah terkadang guru kesulitan bagaimana cara mengajarkan materi tembang dolanan. Pada umumnya dalam mengajarkan tembang dolanan masih monoton dan media yang digunakan sangat terbatas media yang ada pada saat ini hanya berupa beberapa buku Bahasa Jawa yang tersedia disekolah dan untuk siswanya sendiri hanya memegang LKS (Lembar Kerja Siswa) itu yang dijumpai di SDN Polehan 2 Malang sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar tembang dolanan. Mereka sering tidak memperhatikan ketika guru sedang memberikan materi selama ini guru dalam mengajarkan tembang dolanan masih menggunakan pemodelan dan dilanjutkan evaluasi. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk video pembelajaran Tembang Dolanan yang layak untuk mata pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Negeri 2 Polehan Kota Malang. Hasil pengembangan video pembelajaran ini telah diuji cobakan dengan hasil ahli media 89 %. dinyatakan valid ahli materi dinyatakan valid 93 7 dan hasil uji coba pada 30 siswa 92 4 %. dinyatakan valid. Selanjutnya dilakukan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Dengan hasil pada pre-test sebanyak 10 siswa sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dan 20 siswa belum mencapai KKM sedangkan pada post-test Setelah di uji cobakan dilakukan revisi video pembelajaran antara lain (a) menambahkan keterangan sumber video yang tidak diproduksi sendiri (b) mencari sumber video dengan resolusi yang sama dengan video lainnya jadi dalam satu video pembelajaran mempunyai kualitas gambar yang sama-sama bagus. Dengan demikian video pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item