Pengembangan media tiruan proses daur air pada pembelajaran 2 subtema 2.2 Peristiwa-peristiwa penting untuk kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Andan Rahmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media tiruan proses daur air pada pembelajaran 2 subtema 2.2 Peristiwa-peristiwa penting untuk kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Andan Rahmawan

Rahmawan, Andan (2017) Pengembangan media tiruan proses daur air pada pembelajaran 2 subtema 2.2 Peristiwa-peristiwa penting untuk kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Andan Rahmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawan Andan. 2017. Pengembangan Media Tiruan Proses Daur Air pada Pembelajaran 2 Subtema 2.2 Peristiwa-peristiwa Penting untuk Kelas 5 SDN Bareng 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (2) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan Media tiruan Proses Daur Air Sekolah Dasar Berdasarkan observasi kurangnya penggunaan media 40% atau 11 dari 29 siswa masih belum tuntas KKM beberapa Indikator tidak tercapai tujuan pembelajarannya kegiatan percobaan dengan media gelas plastik terlalu lama dan bergantung pada cuaca dan kesalahan konsep pada langkah-langkah percobaan pada buku siswa sehingga penelitian ini bermaksud mengembangkan Media Tiruan Proses Daur Air pada kelas 5 Media tiruan proses daur air yaitu media berupa benda tiga dimensi yang berupa tiruan dari unsur-unsur alam sehingga dapat menarik minat belajar siswa untuk mengamati lebih cermat terjadinya proses daur air .. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk akhir media tiruan proses daur air yang valid menurut ahli media ahli materi dan guru serta efektif menurut analisis dari hasil tes siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian menurut Sadiman. Langkah-langkah pengembangan tersebut adalah (1) identifikasi kebutuhan/analisis kebutuhan (2) perumusan tujuan instruksional (tujuan pembelajaran) (3) perumusan butir-butir materi (4) pengembangan alat ukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) pembuatan media/produksi media (7) validasi ahli dan praktisi/guru (8) revisi media (9) uji coba lapangan dan (10) produksi akhir/prototype Hasil pengembangan ini berupa media tiruan proses daur air yang dilengkapi dengan buku petunjuk pengguna dan RPP. Media diujicobakan di SDN Bareng 1 Kota Malang. Berdasarkan angket validasi para ahli untuk validasi oleh ahli media diperoleh persentase nilai 93 75% ahli materi diperoleh persentase nilai 77 5% dan validasi dari pengguna diperoleh persentase nilai 93 75%. Pada uji coba lapangan menunjukkan keefektifan media seluruh siswa mampu memperoleh skor tes tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil validasi para ahli dan pengguna dinyatakan bahwa media tiruan proses daur air sangat valid digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba dinyatakan sangat efektif. Peneliti selanjutnya berharap untuk dapat mengembangkan lebih lanjut dengan validasi lebih mendalam. ABSTRACT Rahmawan Andan. 2017. Development of Water Cycle Process Artificial Media in Lesson 2 Subtheme 2.2 Important Events for 5th Grade SDN Bareng 1 Malang City. Sarjana s Thesis. Prodi S1 - Elementary School Teacher Education Department of Primary School Education and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Counselor (1) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (2) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Keywords Research and Development Artificial Media Water Recycling Process Elementary School Based on observations the lack of media usage 40% or 11 of 29 students are still incomplete KKM some Indicators are not achieved learning objectives experiments with plastic cup media is too long time needed and dependent on the weather and misconceptions on the experimental steps in the student book So this research intends to develop Media Artificial Water Cycle Process in 5th grade. Artificial media of the water cycle process is a three dimensional object in the form of an imitation of natural elements so as to attract students interest to observe more carefully the process of water cycle. The purpose of this research is to produce a final product of artificial media of water cycle process which is valid according to media experts leraning material experts and teachers as well as effective by analysis of student s test results. This research uses the research procedure according to Sadiman. The steps of development are (1) identification of needs / needs analysis (2) formulation of instructional goals (3) formulation of material points (4) development of measuring tools (5) writing media script (6) media / media production (7) validation of experts and practitioners / teachers (8) media revision (9) field trials and (10) final production / prototype. The result of this development is media and be equipped with user manual and RPP. Media tested in SDN Bareng 1 Malang. Based on the questionnaire of validation of experts for validation by media experts obtained percentage value 93.75% material experts obtained 77.5% percentage value and validation of the user obtained a percentage value of 93.75%. In field trials showing the effectiveness of the media all students were able to obtain a complete due diligence score of Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM). Based on the validation results of experts and users stated that artificial media water cycle process is very valid to use. While based on test results stated very effective. The researchers then hope to further develop with deeper validation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6628

Actions (login required)

View Item View Item