Strategi pembelajaran adaptive learning dengan pendekatan visual-verbal preferences untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah / Citra Kurniawan

Kurniawan, Citra (2019) Strategi pembelajaran adaptive learning dengan pendekatan visual-verbal preferences untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah / Citra Kurniawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sari, Siti Maulah. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X SMAN 2 Malang pada Materi Operasi Aljabar pada Fungsi. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Indriati Nurul Hidayah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, pembelajaran kooperatif tipe TGT, keaktifan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti saat kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di SMAN 2 Malang. Pada saat jam pelajaran terakhir, yaitu jam ke 9-10 siswa sudah terlihat tidak semangat untuk belajar matematika. Pada saat pertama mengajar, peneliti menerapkan metode ceramah dan diskusi kelompok. Namun dengan metode tersebut siswa masih terlihat kurang bersemangat dan banyak siswa yang tidak aktif. Berdasarkan penelitian oleh Wawan Suseno yang menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMAN 2 Malang pada materi operasi aljabar pada fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif yang meliputi data observasi keaktifan siswa serta data observasi kegiatan siswa dan guru. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 1) hasil observasi keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran mencapai persentase rata-rata ≥81% dengan kriteria sangat baik dan 2) hasil observasi keaktifan siswa ≥51% dengan kriteria sedang. vi Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan keaktifan siswa. Persentase keaktifan siswa kelas X MIPA 4 mencapai 64,503% dengan kriteria sedang pada siklus I dan meningkat menjadi 71,43167% dengan kriteria sedang. Kemudian untuk hasil observasi kegiatan guru mencapai 89,5 % pada siklus I dan meningkat menjadi 94,5% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa mencapai 86,7% pada siklus I dan meningkat menjadi 91,167% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan TGT dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa. Langkah-langkah penerapan pembelajaran TGT yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah 1) presentasi kelas, guru melakukan tanya jawab terkait materi yang dipelajari dan materi prasyarat serta guru membimbing siswa dalam menemukan konsep; 2) diskusi kelompok, setiap kelompok berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dalam LKS dan mempersiapkan anggota kelompok agar dapat bekerja dengan baik saat games dan tournament; 3) games dan tournament, seluruh siswa menjawab soal yang ditampilkan di LCD, untuk skor dari games dan tournament akan diakumulasi untuk menentukan tim terbaik; 4) penghargaan kelompok, guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapat skor tertinggi setelah diadakan perhitungan hasil dari games dan tournament.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/66270

Actions (login required)

View Item View Item