Fadlilah, Mochammad Cholif (2017) Analisis panduan kegiatan pada buku siswa kelas VI semester I tema Tokoh dan Penemu berdasarkan syarat didaktik. konstruksi dan teknis / Mochammad Cholif Fadlilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadlilah Mochammad Cholif. 2017. Analisis Panduan Kegiatan pada Buku Siswa Kelas VI Semester I Tema Tokoh dan Penemuan Berdasarkan Syarat Didaktik Konstruksi dan Teknis. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Analisis Panduan Kegiatan Syarat Didaktik Konstruksi dan Teknis Buku Siswa. Salah satu fungsi buku siswa adalah sebagai panduan kegiatan bagi siswa. Dalam upaya memudahkan kinerja siswa panduan kegiatan seharusnya memenuhi syarat didaktik syarat konstruksi dan syarat teknis. Hasil kajian awal terhadap salah satu buku siswa ditemukan adanya ketidaksesuaian antara prosedur kegiatan dengan syarat konstruksi. Berdasarkan temuan ini dilakukan kajian lebih mendalam pada panduan kegiatan yang ada pada buku siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kegiatan pada buku siswa dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Datanya berupa panduan kegiatan dalam buku siswa dengan sumber data buku siswa kelas VI semester I tema Tokoh dan Penemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument daftar kesesuaian panduan kegiatan ditinjau dari syarat didaktik konstruksi dan teknis. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data menelaah data dan mengkategorikan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama ditinjau dari syarat didaktik terdapat 37 panduan kegiatan termasuk kategori sesuai 25 panduan kegiatan termasuk dalam kategori kurang sesuai dan 9 panduan kegiatan termasuk dalam kategori tidak sesuai. Kedua ditinjau dari syarat konstruksi terdapat 6 kegiatan yang termasuk kategori sesuai dan 65 panduan kegiatan yang termasuk kategori kurang sesuai. Ketiga ditinjau dari syarat teknis terdapat 60 panduan kegiatan yang termasuk kategori sesuai dan 12 panduan kegiatan termasuk dalam kategori kurang sesuai. Atas dasar hasil penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi penyusun/penulis buku supaya lebih memperhatikan aspek konstruksi terutama kejelasan kalimat menambahkan kolom identitas dan menyertakan tujuan serta manfaat pada buku siswa. Sementara itu bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian sejenis terhadap buku siswa yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6626 |
Actions (login required)
View Item |