Peningkatan hasil belajar siswa subtema manusia dan lingkungan melalui model problem based learning di kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar / Etty Ernaningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa subtema manusia dan lingkungan melalui model problem based learning di kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar / Etty Ernaningtias

Ernaningtias, Etty (2017) Peningkatan hasil belajar siswa subtema manusia dan lingkungan melalui model problem based learning di kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar / Etty Ernaningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ernaningtias Etty. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Subtema Manusia Dan Lingkungan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (II) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan model problem based learning (PBL) Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SDN Candirejo 03 diperoleh data nilai KKM (70) sebanyak 13 siswa (41%) mendapat nilai diatas KKM dan siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 19 (59%). Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa 1) guru menggunakan metode ceramah diskusi kelompok dan tanya jawab 2) guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran dan 3) siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model PBL dan peningkatan hasil belajar siswa subtema manusia dan lingkungan di kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar. Penilitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis PTK. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 80% (baik) dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada akhir siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 75 6% (baik) dan meningkat menjadi 93 4% (sangat baik) pada akhir siklus II. Rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan pada tahap pra tindakan hanya 61 (cukup) dengan ketuntasan klasikal 41% (perlu bimbingan) meningkat menjadi 76 82 (baik) dengan ketuntasan klasikal 69% (cukup) pada akhir siklus I dan 87 42 (sangat baik) dengan ketuntasan klasikal 97% (sangat baik) pada akhir siklus II. Nilai keterampilan siswa pada awal siklus 1 yang mendapat nilai 100 hanya 4 siswa dan meningkat menjadi 9 siswa pada akhir siklus II. Sikap santun pada siklus I pertemuan 1 hanya 38% (perlu bimbingan) dan meningkat menjadi 84% (baik) pada akhir siklus II. Sedangkan sikap percaya diri siswa pada awal siklus I hanya 56% (cukup) dan meningkat menjadi 91% (sangat baik) pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik pada tema lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Candirejo 03 Ponggok Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan model PBL dalam pembelajaran agar hasil belajar dan ketuntasan belajar klasikal siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item